Memburu Aktor Buruk, Facebook Suspend 200 Aplikasi

Dini Listiyani ยท Selasa, 15 Mei 2018 - 13:01 WIB
Memburu Aktor Buruk, Facebook Suspend 200 Aplikasi

Memburu Aktor Buruk, Facebook Suspend 200 Aplikasi (Foto: Reuters)

MENLO PARK, iNews.id - Facebook terus memburu aktor-aktor lain seperti Cambridge Analytica di platform-nya. Informasi terbaru, raksasa jejaring sosial telah me-suspend 200 aplikasi yang tidak sesuai dengan pedoman mereka.

Facebook baru-baru ini me-review ribuan aplikasi dengan akses ke data pengguna Facebook. Dari ribuan aplikasi tersebut, Facebook me-suspend 200 aplikasi sambil menunggu penyelidikan menyeluruh apakah mereka bersalah atau tidak.

Jumlah aplikasi yang ingin ditinjau oleh Facebook mungkin saja bisa bertambah. Seorang juru bicara Facebook mengatakan, raksasa jejaring sosial masih sangat awal dalam proses audit.

"Di mana kami menemukan bukti ini atau aplikasi lain yang menyalahgunakan data, kami akan mencekal mereka dan memberitahu orang-orang melalui situs web ini," tulis Facebook dalam posting-an blog dan menautkan ke situs yang sama digunakan untuk memperingatkan orang jika data mereka dibagikan dengan Cambridge Analytica.

Dikutip dari Recode, Selasa (15/5/2018), masalah dengan audit ini ialah apa pun yang ditemukan Facebook agak sedikit terlambat. Facebook bisa melarang aktor buruk di balik aplikasi, tapi setelah data meninggalkan server Facebook.

Hal yang sama juga berlaku untuk kepercayaan pengguna. Jika Facebook menemukan banyak jenis skenario Cambridge Analytica lain yang dimainkan selama beberapa tahun terakhir, akan sulit bagi raksasa jejaring sosial ini meyakinkan siapa pun, Facebook bisa menjaga privasi.


Editor : Dini Listiyani