Robot Serangga Manfaatkan Sinar Laser untuk Terbang

Dini Listiyani · Kamis, 17 Mei 2018 - 08:30 WIB

Robot Serangga Manfaatkan Sinar Laser untuk Terbang (Foto: Mark Stone/University of Washington)

JAKARTA, iNews.id - Robot serangga yang bisa terbang, biasanya memiliki kendala dalam hal sumber listrik. Tapi para peneliti di University of Washington, telah menemukan cara baru untuk mentransmisikan daya ke robot serangga terbang melalui laser.

Peneliti akan mempresentasikan temuannya dalam paper di International Conference on Robotics and Automation yang diadakan di Brisbane, Australia, 23 Mei mendatang.

"Sebelumnya, konsep robot terbang berukuran serangga merupakan fiksi ilmiah. Akankah kita bisa membuatnya bekerja tanpa perlu kawat? RoboFly wireless baru kami menunjukkan, mereka jauh lebih dekat dengan kehidupan nyata," kata rekan penulis dan asisten profesor Sawyer Fuller yang dilaporkan Engadget, Kamis (17/5/2018).

Drone kecil ini didukung oleh sinar laser tak terlihat yang ditujukan pada sel fotovoltaik dan mengubah energi cahaya menjadi listrik. Hal ini tampaknya tidak cukup bagi robot menggerakkan sayap, sehingga tim menambahkan sirkuit peningkatan daya dari tujuh volt menjadi 240 volt.

Bahkan, para peneliti mampu menambahkan "otak" pengendali mikro pada sirkuit yang sama. "Pengontrol mikro bertindak seperti otak lalat sungguhan. Di RoboFly, pengontrol mikro berbicara pada sayap," kata rekan penulis Vikram lyer.

Dengan cara itu, kata lyer, bug itty-bitty bisa mengepakkan sayapnya seperti serangga sungguhan melalui gelombang. Meski RoboFly belum sempurna, inovasi baru ini menjadi pertanda baik bagi masa depan robot terbang serangga, termasuk RoboBee miliki Harvard.


Editor : Dini Listiyani

TAG : robot

KOMENTAR