Black Hole Ini Mampu Telan Sinar Matahari

Dini Listiyani · Kamis, 17 Mei 2018 - 10:01 WIB

Black Hole Ini Mampu Telan Sinar Matahari (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Black hole atau lubang hitam dikenal sebagai objek paling gelap di alam semesta. Tapi, astronom melihat black hole bisa tumbuh cepat dan nafsu makannya yang luar biasa membuatnya bersinar.

"Black hole ini tumbuh sangat cepat, sehingga bersinar ribuan kali lebih terang. Karena semua gas yang disedot setiap hari menyebabkan banyak gesekan dan panas," kata Australian National University Research School of Astronomy and Astrophysics.

"Jika monster ini duduk di pusat galaksi Bima Sakti kita, dia akan muncul 10 kali lebih terang dari bulan purnama. Black hole akan muncul sebagai bintang pin-point yang sangat terang," ujarnya, seperti dilaporkan Cnet, Kamis (17/5/208).

Black hole ini diperkirakan memiliki ukuran 20 miliar matahari. Juga mampu menghisap massa sama ke matahari setiap beberapa hari. Pada tingkat itu, black hole akan tumbuh satu persen setiap sejuta tahun.

Black hole supermasif seperti itu, disebut juga quasars, sebenarnya bisa memancarkan energi. Dalam kasus kekosongan ultra-luminous yang baru ditemukan ini, dia mengeluarkan sinar ultraviolet dan radiasi sinar-X.

"Jika monster ini berada di pusat Milky Way, dia akan membuat kehidupan di bumi menjadi tidak mungkin dengan sejumlah besar sinar-X yang memacar darinya," kata Wolf.

Wolf juga menunjukkan, black hole yang sangat besar dan berkembang pesat ini tampaknya sangat langka. Sejauh ini, para astronom tidak tahu alasan black hole berjarak 12 miliar tahun cahaya dari bumi ini bisa cepat tumbuh.

"Kami tidak tahu bagaimana ini tumbuh begitu besar, sangat cepat pada hari-hari awal alam semesta. Perburuan terus berlangsung untuk menemukan lubang hitam yang tumbuh lebih cepat," ujar Wolf.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR