Bug Facebook Sebabkan Private Status Berubah Jadi Public

Dini Listiyani ยท Jumat, 08 Juni 2018 - 12:01 WIB
Bug Facebook Sebabkan Private Status Berubah Jadi Public

Bug Facebook Sebabkan Private Status Berubah Jadi Public (Foto: Cnet)

MENLO PARK, iNews.id - Layanan media sosial (medsos) seperti Facebook, biasanya memiliki tool dan opsi agar pengguna bisa memilih orang yang bisa melihat post mereka. Tapi, apa jadinya jika status private Anda ternyata terpapar ke pengguna umum?

Ya, masalah ini tampaknya baru saja dialami beberapa pengguna Facebook, di mana status yang diatur sebagai private malah menjadi publik, sehingga banyak orang bisa melihatnya.

Dalam laporan dari Tech Crunch dikatakan, Facebook mulai memberitahu 14 juta pengguna mereka di seluruh dunia, post mereka yang ditandai sebagai private tak sengaja menjadi publik. Dalam kasus ini, Facebook berdalih masalah ditimbulkan bug.

Melansir Ubergizmo, Jumat (8/6/2018), bug ini dikatakan telah aktif antara 18 Mei hingga 22 Mei. Facebook kemudian switching status composer kembali ke pengaturan correct privacy pada 27 Mei.

Facebook sekarang memberitahu penggunanya untuk memeriksa kembali post mereka yang dibuat antara periode tersebut. Raksasa jejaring sosial kembangan Mark Zuckerberg ini juga mengaku telah memperbaiki masalah tersebut.

"Kami baru-baru ini menemukan bug yang secara otomatis menyarankan mem-posting secara public saat beberapa orang membuat posting-an mereka. Kami telah memperbaiki masalah ini dan mulai hari ini kami membiarkan semua orang yang terkena tahu dan meminta mereka untuk review posting yang mereka buat selama waktu itu," kata Chief Privacy Officer Facebook Erin Egan kepada Tech Crunch.

Lebih lanjut, Egan mengatakan, bug tidak memengaruhi apa pun yang pernah diunggah orang sebelumnya, dan mereka masih bisa memilih audiens mereka seperti biasanya.

"Kami meminta maaf atas kesalahan ini," ujarnya.


Editor : Dini Listiyani