5 Tool Bantu Anda Lindungi PC dari Ransomware

Dini Listiyani · Minggu, 10 Juni 2018 - 11:07 WIB
5 Tool Bantu Anda Lindungi PC dari Ransomware

5 Tool Bantu Anda Lindungi PC dari Ransomware (Foto: Android Pit)

JAKARTA, iNews.id - Kejahatan saat ini tidak hanya mengintai di dunia nyata, tapi juga online. Salah satu kejahatan yang sering dijumpai di dunia maya ialah ransomware.

Ransomware bukan hanya bisa menginfeksi smartphone, tapi juga PC. Oleh karena itu, perlu tool tertentu untuk melindungi PC dari ransomware. Berikut lima tool penangkal ransomware terbaik untuk PC, sebagaimana dirangkum iNews.id dari Android Pit, Minggu (10/6/2018).

Acronis Ransomware Protection
Tool yang satu ini secara aktif memonitor sistem Anda untuk mendeteksi proses mencurigakan dan menghentikannya di jalurnya. Setelah ransomware terdeteksi, Anda akan diberitahu dan bisa memilih untuk memblokirnya secara permanen.

Avast
Jika Anda membutuhkan perlindungan yang luas dan ingin memiliki banyak fitur, Avast bisa menjadi solusinya. Avast menawarkan produk antivirus gratis yang populer dan beberapa tingkat perlindungan berbayar untuk dipilih.

Bitdefender's Anti-Ransomware
Bitdefender's Anti-Ransomware Tool ini gratis dan tidak mengganggu. Tool ini mencegah keluarga ransomware tertentu untuk bisa mengenkripsi file Anda, termasuk CTB-Locker, Locky, Petya, dan TeslaCrypt. Namun, dia bekerja sangat berbeda dari kebanyakan software anti-software.

Cybereason's RansomFree
Software ini membantu pengguna mendeteksi dan memblokir ransomware dengan cara mengidentifikasi perilakunya. Pendekatan ini diinformasikan oleh analisis perusahaan dari puluhan ribu varian ransomware dan pola perilaku mereka.

Trend Micro RansomBuster
RansomBuster menggunakan deteksi berbasis perilaku dan pada tanda pertama aktivitas yang mencurigakan, software membuat cadangan dari setiap file yang coba ransomware enkripsi atau modifikasi. Lalu jika ransomware mencoba membajak file Anda, RansomBuster akan menghentikan prosesnya dan mengembalikan file Anda dari restoration.


Editor : Dini Listiyani