Selain Smartphone, Konektivitas LTE Bakal Digunakan di Notebook

Dini Listiyani ยท Jumat, 08 Juni 2018 - 17:30 WIB
Selain Smartphone, Konektivitas LTE Bakal Digunakan di Notebook

Selain Smartphone, Konektivitas LTE Bakal Digunakan di Notebook (Foto: Reuters)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

REDMOND, iNews.id - Microsoft memprediksi konektivitas LTE akan menjadi bagian penting dari notebook. Hal itu akan direalisasikan akhir tahun ini.

Microsoft Greater China Vice President Zhang Yongli baru-baru ini berbicara tentang rencana perusahaan ihwal langkah industri menuju teknologi yang lebih maju. Selama pembicaraan, Yongli mengakui tren pasar baru berkaitan dengan notebook yang dilengkapi LTE.

Karena perangkat jenis ini menjadi semakin tersedia untuk lebih banyak konsumen, Yongli mengharapkan LTE akhirnya menjadi bagian integral dari komputer notebook. Selain itu, Yongli juga mencatat, konektivitas nirkabel segara bisa mendapatkan keuntungan dari teknologi 5G.

Dia menunjukkan, perangkat tersebut hanya akan membutuhkan penyimpanan kecil karena sebagian besar data bisa ditransmisikan melalui sistem 5G, seperti dilaporkan IBTimes, Jumat (8/6/2018).

Pernyataan Yongli sendiri terbilang tidak mengejutkan, mengingat Qualcomm dan Intel kini mendorong komputer portable untuk memiliki akses wireless connectivity.

Pada ajang Computex pekan ini, Qualcomm mengumumkan kehadiran Snapdragon 850 SoC yang mampu membuat banyak komputer Windows 10 mendukung LTE. Snapdragon 850 akan hadir di beberapa perangkat yang dijadwalkan akan tiba akhir tahun ini.

Adapun perangkat tersebut termasuk kembangan Asus, HP, dan Lenovo. Tak ingin kalah dengan Qualcomm, Intel juga melakukan hal sama.

Perusahaan manufaktur semikonduktor juga mengumumkan, Dell, Asus, Acer, dan HP merilis perangkat yang dilengkapi 4G LTE. Intel juga mengatakan, telah bekerja sama dengan Microsoft, Lenovo, Acer, Asus, Dell, dan HP untuk mengantarkan laptop dan konvertibel dengan kecepatan 5G pada tahun depan.


Editor : Dini Listiyani