Facebook Berikan Sejumlah Perusahaan Akses Khusus ke Data Pengguna

Dini Listiyani · Sabtu, 09 Juni 2018 - 14:25 WIB
Facebook Berikan Sejumlah Perusahaan Akses Khusus ke Data Pengguna

Facebook Berikan Sejumlah Perusahaan Akses Khusus ke Data Pengguna (Foto: Cnet)

MENLO PARK, iNews.id - Facebook kembali mengundang kontroversi. Raksasa jejaring sosial ini diklaim memiliki kesepakatan berbagi data dengan beberapa perusahaan.

Laporan baru menyebutkan, Facebook memungkinkan perusahaan memilih untuk memiliki akses khusus ke data pengguna, termasuk setelah perubahan 2015 yang dimaksudkan melindungi informasi pengguna.

Informasi ini berasal dari sumber yang berbicara dengan The Wall Street Journal, yang melaporkan Facebook memiliki kesepakatan whitelist dengan Nissan dan Royal Bank of Canada. Sumber juga menuduh, Facebook berbagi data pengguna dengan perusahaan, termasuk metrik friend link dan nomor telepon.

Tuduhan whitelist yang dilakukan Facebook bukanlah bagian dari kemitraan yang ada dengan pembuat perangkat ponsel yang diungkapkan belum lama ini.

Terlepas dari itu, sumber menyatakan sebagian besar pengembang tidak tahu kalau penawaran whitelist ini tersedia. The Wall Street Journal melaporkan, Facebook mengakui bagian dari info yang bocor, yang menegaskan beberapa perusahaan mencari ekstensi jangka pendek untuk akses data.

"99 persen pengembang diperlakukan sama, tapi 1 persen bisa diperlakukan khusus karena mereka memperhitungkan semua nilai platform," kata salah satu sumber yang dikatakan mantan karyawan Facebook yang dilaporkan dari Slash Gears, Sabtu (9/6/2018).


Editor : Dini Listiyani