Kesiapan Indosat Ooredoo Antisipasi Lonjakan Trafik saat Lebaran

Dini Listiyani ยท Senin, 11 Juni 2018 - 11:35 WIB
Kesiapan Indosat Ooredoo Antisipasi Lonjakan Trafik saat Lebaran

Kesiapan Indosat Ooredoo Antisipasi Lonjakan Trafik saat Lebaran (Foto: Indosat Ooredoo)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Menjelang mudik, Indosat Ooredoo melakukan berbagai persiapan guna mengantisipasi lonjakan trafik saat momen Lebaran 2018.

Peningkatan trafik telekomunikasi saat Lebaran diantisipasi dengan penyiapan kapasitas jaringan data, suara, dan SMS. Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas layanan data yang ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte per hari untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 83,7 persen dibanding tahun lalu.

Sementara untuk suara, Indosat Ooredoo ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang per hari. Sedangkan untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1.01 miliar SMS per hari.

Selain peningkatan kapasitas jaringan, Indosat Ooredoo juga melakukan dua hal baru. Pertama, penggunaan spektrum baru untuk LTE di frekuensi 2.100 MHz. Dengan kombinasi LTE di 1800 MHz eksisting dengan LTE di 2100 MHz yang baru dengan Carrier Aggregation, pelanggan bisa memanfaatkan kedua spektrum tersebut dengan optimal.

Kedua, optimasi jaringan secara otomatis dengan Self Organizing Network (SON). realtime. Dengan mengimplementasikan SON, Indosat Ooredoo dapat melakukan optimasi jaringan secara otomatis untuk menjaga kualitas jaringan, khususnya di sepanjang jalur mudik dan kota-kota tujuan mudik.

"Kami juga melibatkan lebih dari 1.800 tim teknis untuk mendukung operasional jaringan secara harian selama masa trafik tinggi. Itu untuk memastikan bahwa jaringan kami memberikan performansi terbaik untuk pelanggan,” kata Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo Dejan Kastelic dalam keterangannya kepada iNews.id, Senin (11/6/2018).

Dalam upayanya memastikan jaringan, Indosat Ooredoo juga melakukan monitor seluruh jaringan secara nasional via Indosaat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC).

 


Editor : Dini Listiyani