iOS 12, Developer Bisa Bikin Aplikasi dengan Report Spam Call

Dini Listiyani · Senin, 11 Juni 2018 - 15:10 WIB
iOS 12, Developer Bisa Bikin Aplikasi dengan Report Spam Call

iOS 12, Developer Bisa Bikin Aplikasi dengan Report Spam Call (Foto: Phone Arena)

CUPERTINO, iNews.id - Pada iOS 12, developer tampaknya akan bisa membangun ekstensi aplikasi yang menambahkan opsi "Unwanted Communications" dalam Setting.

Apple tidak menyebutkan opsi Unwanted Communications saat peluncuran iOS 12 di WWDC. Tapi, developer website perusahaan telah mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk melaporkan spam call dan teks.

Bahkan, fitur baru tersebut juga bisa membuat pengguna memblokir nomor ponsel via aplikasi pihak ketiga. Developer bisa membangun kemampuan itu melalui ekstensi aplikasi yang menambahkan opsi Unwanted Communication di Setting.

Guna melaporkan panggilan atau teks yang tidak diinginkan, opsi ini harus diaktifkan oleh pengguna. Pengguna bisa melaporkan panggilan tertentu di tab Recent dengan menggesek ke kiri dan mengetuk pada Report, seperti dilaporkan Phone Arena, Senin (11/6/2018).

Untuk melaporkan SMS spam, pengguna menekan tombol Report Messages saat muncul di transkrip Messages. Cara lain untuk melaporkan pesan dengan menekannya lama, pilih pesan tambahan, dan klik pada Report Messages.

Saat panggilan atau pesan SMS dilaporkan, aplikasi meluncurkan ekstensinya untuk mengumpulkan lebih banyak informasi dari pengguna dan kemudian memutuskan, apakah nomor tersebut harus dilaporkan atau diblokir.

Nomor yang diblokir akan muncul di daftar Blocked Contact, yang bisa dikelola pengguna di aplikasi Settings. Kemampuan untuk melaporkan spam panggilan atau teks ini telah diminta oleh Telecom Regulatory Authority of India (TRAI).


Editor : Dini Listiyani