Kena Retas, John Kelly Lakukan Komunikasi via Telepon

Dini Listiyani ยท Senin, 11 Juni 2018 - 19:19 WIB
Kena Retas, John Kelly Lakukan Komunikasi via Telepon

White House Chief of Staff John Kelly (Foto: Reuters)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

WASHINGTON, D.C, iNews.id - E-mail pribadi White House Chief of Staff John Kelly telah diretas. Makanya, dia menginstruksikan seorang pejabat untuk tidak mengirim E-mail kepada staf tentang pekerjaan.

Informasi akun E-mail pribadi John Kelly diretas berdasarkan laporkan yang diperoleh Buzzfee via permintaan Freedom of Information Act (FOIA).

"Seperti yang kami diskusikan di NYC tentang atmosfer beracun di sini. Orang-orang saya gugup tentang E-mail yang Anda kirim dan meminta agar Anda tidak lagi memasukkan mereka pada setiap posting," kata Kelly.

"Lalu ada peretasan, salah satunya akun pribadi saya sendiri yang mengalaminya. Saya melakukan hampir semuanya sekarang melalui telepon atau komunikasi tatap muka," ujarnya, seperti dilaporkan Engadget, Senin (11/6/2018).

Sementara itu, E-mail FOIA mengonfirmasi laporan sebelumnya dari Politico, Kelly menggunakan smartphone yang dikompromikan selama berbulan-bulan. Jika itu merupakan insiden yang sama, serangan itu terjadi selama transisi Trump, saat Kelly menjabat sebagai sekretaris keamanan dalam negeri.

Nama orang yang menerima E-mail telah disunting dan juru bicara Depart of Homeland Security (DHS) mengatakan, pengirim merupakan warga sipil yang telah mengirim banyak E-mail ke Kelly dan DHS.

Namun, dua pejabat DHS yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada Buzzfeed, Kelly mengirim E-mail ke pejabat DHS lainnya. Sayanganya, tidak jelas Kelly menggunakan akun E-mail untuk melakukan urusan pemerintah atau tidak.

Tak lama setelah pelantikan Trump, NSA dilaporkan mengatakan kepada pejabat adminstrasi Trump untuk berhenti menggunakan ponsel pribadi dan akun E-mail. Sebab, mereka bisa menjadi sasaran empuk mata-mata Rusia, China, dan musuh AS lainnya.


Editor : Dini Listiyani

TAG : hacker