Apple Melarang Aplikasi Penambangan Cryptocurrency dari iPhone

Dini Listiyani ยท Selasa, 12 Juni 2018 - 11:48 WIB
Apple Melarang Aplikasi Penambangan Cryptocurrency dari iPhone

Apple Melarang Aplikasi Penambangan Cryptocurrency dari iPhone (Foto: Reuters)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

CALIFORNIA, iNews.id - Apple baru saja merilis pedoman iOS baru. Dalam pedoman baru tersebut, Apple melarang aplikasi menambang Bitcoin dan mata uang virtual lainnya, kecuali dilakukan secara off-device (via cloud).

Selain melarang Bitcoin dan mata uang virtual lainnya, aplikasi juga tidak bisa menawarkan cryptocurrency sebagai gift untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti mengunduh aplikasi tertentu atau mengunggah pesan di media sosial (medsos).

Penawaran awal termasuk investasi berjangka atau sekuritas lain yang berhubungan dengan cryptocurrency harus bank yang mapan, perusahaan sekuritas atau pertukaran, dan ditawarkan secara hukum.

Penambangan cryptocurrency membutuhkan hardware khusus yang bisa memecahkan rumus matematika kompleks, yang memverifikasi transaksi cryptocurrency di Blockchain, seperti dilaporkan Phone Arena, Selasa (12/6/2018).

Ada banyak persaingan untuk menyelesaikan persamaan ini dan di bagian 2.4 dari pedoman iOS mengharuskan aplikasi dari pengembang pihak ketiga perlu menggunakan daya secara efisien, tidak menguras baterai, menghasilkan panas berlebih, atau menempatkan beban yang tidak perlu pada sumber daya perangkat.

Bagian 2.4 dari pedoman baru iOS juga melarang aplikasi dan iklan pihak ketiga menjalankan proses latar belakang yang tidak terkait, seperti penambangan cryptocurrency.

Sebagai gantinya, Apple ternyata memungkinkan iPhone menginstal aplikasi yang bertindak sebagai dompet virtual, meskipun pengembang aplikasi harus terdaftar sebagai organisasi.

 


Editor : Dini Listiyani

TAG : apple