Ilmuwan Klaim Peradaban Alien Bisa Ditemukan dari Jejak Teknologinya

Dini Listiyani · Rabu, 13 Juni 2018 - 09:25 WIB

Ilmuwan Klaim Peradaban Alien Bisa Ditemukan dari Jejak Teknologinya

SAN FRANCISCO, iNews.id - Keberadaan ras alien cerdas di tata surya masih menjadi misteri. Namun menurut para peneliti, keberadaan alien pintar ini pada suatu hari bisa ditemukan melalui jejak teknologinya.

Sama seperti bumi yang dikelilingi oleh jaringan satelit yang terus berkembang, planet yang dihuni makhluk luar angkasa mungkin juga dikelilingi oleh pesawat luar angkasa yang memancarkan sinyal mereka sendiri.

Dalam Clarke Belt, satelit berada di orbit geostasioner lebih dari 22.000 mil di atas permukaan. Sebagai planet transit bintangnya, para peneliti mengatakan, benda-benda di wilayah Clarke Belt bisa menyebabkan gangguan dalam cahaya untuk mengungkapkan keberadaan mereka.

Clarke Belt milik bumi saat ini terlalu jarang penduduknya untuk dilihat dari jarak jauh, sekitar dua pertiga dari satelit berada lebih dekat permukaan di orbit rendah. Menurut studi baru, hal tersebut juga perlu dipertimbangkan dalam pencarian kehidupan alien.

Misi saat ini dirancang untuk menemukan exoplanet, bulan, dan cincin mereka mungkin bisa menemukan jenis bukti ini saat menjelajahi langit.

"Kami harus tetap membuka mata, berjaga-jaga kami mendeteksi jejak ini dalam data," kata peneliti IAC Hector Socas yang dilaporkan Daily Mail, Rabu (13/6/2018).

Peneliti juga mencatat kehadiran sabuk Clarke Bumi bisa memberikan eksistensi umat manusia. "Dalam kontes ini, peningkatan eksponensial dalam populias satelit kita bisa berakhir menjadi sinyal membuat kita menjauh, apakah kita suka atau tidak," kata Socas.

"Ini merupakan poin yang harus diperhitungkan dalam debat ini," ujarnya.

Ide alien Clarke exobelt mungkin tampak terlalu mengada-ada. Tapi peneliti mengatakan, hal itu tak ada salahnya untuk dilihat karena pesawat antariksa sudah menyelidiki exoplanet.

"Sepertinya tidak mungkin, tapi tidak ada biaya untuk melihatnya. Seolah-olah seseorang memberi Anda tiket lotre. Anda tahu sangat tidak mungkin akan menang. Tapi karena Anda memilikinya, Anda memeriksa hasilnya untuk berjaga-jaga," ujarnya.

TAG : science