Aturan Baru, Apple Larang Aplikasi Jual Informasi Kontak Anda

Dini Listiyani · Rabu, 13 Juni 2018 - 17:21 WIB
Aturan Baru, Apple Larang Aplikasi Jual Informasi Kontak Anda

Aturan Baru, Apple Larang Aplikasi Jual Informasi Kontak Anda (Foto: The Indian Wire)

CUPERTINO, iNews.id - Sebuah aplikasi terkadang meminta izin Anda untuk bisa memberi mereka akses ke kontak. Tapi, aplikasi semacam ini tampaknya kini mulai dilarang Apple.

Beberapa apliksi terkadang meminta izin untuk bisa memiliki akses ke kontak pengguna. Misalnya, jika Anda mengunduh aplikasi VoIP, pesan, atau media sosial (medsos), mereka terkadang meminta akses ke kontak untuk membantu mencari teman, membuat phonebook, dan sebagainya.

Namun, Apple tampaknya sudah cukup bermain dengan aplikasi semacam itu. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang menyalahgunakan akses dan mengambil informasi pengguna untuk dijual ke pemasar dan pengiklan.

Apple baru-baru ini membuat beberapa perubahan pada aturan App Store. Aturan itu membatasi pengembang dan aplikasi membuat informasi tentang teman atau kontak pengguna, seperti dilaporkan Ubergizmo, Rabu (13/6/2018).

Apple telah mempromosikan sikapnya untuk melindungi privasi pengguna mereka, terutama saat ini dan banyak skandal data bermunculan. Perubahan aturan App Store juga artinya, pengembang yang tertangkap menjual informasi kontak akan dilarang.

Sayangnya, tidak jelas rencana Apple untuk menegakkan aturan-aturan itu atau bagaimana mereka akan memeriksanya. Tapi, setidaknya langkah Apple bisa mencegah para pengembang untuk menjual informasi pengguna.


Editor : Dini Listiyani

TAG : apple