NASA Ubah Kepler ke Mode Hibernasi, Ini Alasannya

Dini Listiyani · Sabtu, 07 Juli 2018 - 16:07 WIB

NASA Ubah Kepler ke Mode Hibernasi, Ini Alasannya (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) NASA membuat pesawat luar angkasa Kepler dalam mode hibernasi. Sebab, ada indikasi bahan bakar pesawat hampir habis.

Melansir Slash Gears, Sabtu (7/7/2018), selama keadaan daya rendah ini, tim NASA akan mempersiapkan untuk mengunduh data ilmiah yang dikumpulkan oleh pesawat luar angkasa tersebut.

Kepler merupakan observatorium luar angkasa NASA yang diluncurkan pada 2009 sebagai bagian dari berburu planet seperti Bumi. Pesawat luar angkasa telah melakukan perjalanan selama hampir satu dekade.

Tapi, peringatan baru-baru ini mengungkapkan fakta yang menyedihkan yakni pesawat hampir kehabisan bahan bakar. Menurut NASA, 12 Mei menandai dimulainya kempanye pengamatan ke-18 Kepler, yang melibatkan fokus pada konstelasi Cancer.

Untuk saat ini, tim Kepler berkonsentrasi pada pengunduhan data yang dikumpulkan pesawat selama pengataman terbaru pesawat luar angkasa. Mode seperti hibernasi akan menghemat bahan bakar dalam persiapan pengunduhan data ini.

Setelah itu, NASA berencana untuk mengirim Kepler membuat lebih banyak pengamatan. Misi itu akan terus berlangsung selama masih ada bahan bakar. NASA berharap bahan bakar mampu bertahan dalam beberapa bulan ke depan.

Peringatan bahan bakar rendah tidak mengejutkan bagi NASA. Badan antariksa mengatakan telah memantau dengan cermat pesawat luar angkasa untuk tanda-tanda bahan bakar rendah.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR