Apple Diam-Diam Gulirkan Fitur Keamanan Baru di iOS 11

Dini Listiyani · Selasa, 10 Juli 2018 - 12:28 WIB

Apple luncurkan fitur keamanan baru. (Foto: Ibtimes)

CUPERTINO, iNews.id - Apple meluncurkan fitur keamanan baru untuk perangkat bertenaga iOS melalui update software terbarunya, iOS 11.4.1 yang disebut USB Restricted Mode.

Apple dilaporkan diam-diam mengaktifkan fitur USB Restricted Mode di iOS 11.4.1. Kemampuan baru tidak ditunjukkan di chanelog, tapi pengguna telah melihat fitur baru.

Fitur ditemukan di toggle USB Accessories baru di bawah menu Face ID/ Touch ID & Passcode. Fitur tidak aktif secara default, sehingga koneksi data fisik tidak diizinkan jika perangkat telah dikunci selama satu jam atau lebih.

"Di Apple, kami menempatkan pelanggan di pusat segala yang dirancang. Kami terus-menerus memperkuat perlindungan keamanan di setiap produk Apple untuk membantu pelanggan bertahan melawan peretas, pencuri identitas, dan gangguan terhadap data pribadi mereka," kata Apple seperti dilaporkan IBTimes, Selasa (10/7/2018).

"Kami sangat menghargai penegakan hukum, dan kami tidak mendesain peningkatan keamanan kami untuk menggagalkan upaya mereka melakukan pekerjaan mereka," ujarnya.

Apple membawa opsi untuk menonaktifkan kemampuan koneksi data port Lightning dengan USB Restricted Mode. Namun, raksasa pembuat iPhone itu mengubah rencananya dengan mengaktifkan fitur dirilis iOS 11.4.1.

Mode baru bisa menonaktifkan data, tapi masih memungkinkan pengguna mengisi ulang baterai mereka melalui koneksi kabel. Data yang tersimpan hanya bisa diakses dengan menggunakan sidik jari pemilik perangkat, Face ID, atau passcode.

Bulan lalu, New York Times mengungkapkan, Apple bertekad untuk menghilangkan kerentanan yang diretas oleh lembaga penegak hukum saat melakukan penyelidikan dalam kasus yang melibatkan pemilik iPhone.

Beritu itu membuahkan kritik oleh berbagai lembaga dan menyalakan kembali perdebatan tentang apakah pihak berwenang harus memiliki hak untuk mendapatkan akses ke iPhone terkunci dari pejahat.

Terlepas dari itu, iOS 11.4.1 membahas beberapa bug yang ditemukan di iOS 11.4. Misalnya, memperbaiki masalah yang mencegah pengguna melihat lokasi terakhir AirPod mereka yang diketahui di Find My iPhone.

Selain itu, update juga meningkatkan sinkronisasi mail, kontak, dan notes dengan akun Exchange. Update iOS 11.4.1 tersedia untuk diunduh di semua perangkat yang memenuhi syarat via over the air aplikasi Setting.

Untuk mengunduh, cukup buka Setting > General > Software Update. Software update hanya kompatibel dengan iPhone 5s ke atas, iPhone Air hingga yang lebih baru, iPad mini 2 ke atas, dan iPod touch generasi keenam.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR