Airbus Kembangkan Rover untuk Bawa Sampel Tanah Mars ke Bumi

Dini Listiyani ยท Selasa, 10 Juli 2018 - 14:11 WIB
Airbus Kembangkan Rover untuk Bawa Sampel Tanah Mars ke Bumi

Airbus kembangkan Rover untuk bawa sampel tanah Mars. (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA dan European Space Agency (ESA) sepakat mencari cara membawa tanah Mars kembali ke bumi pada April lalu. Guna mewujudkan itu, ESA memberikan kontrak khusus untuk Airbus.

Airbus telah diberikan kontrak senilai 5,2 juta dolar Amerika Serikat (AS) dari ESA untuk mengembangkan konsep rover Mars yang bisa mengumpulkan sampel tersebut di Mars. Pemilihan Airbus untuk menyusun konsep rover bukan tanpa alasan.

Tim Airbus yang berbasis di Stevenage, Inggris dipilih karena telah membangun rover ExoMars yang akan menuju ke Planet Merah pada 2021.

Melansir Ubergizmo, Selasa (10/7/2018), rover yang ditugaskan mengumpulkan contoh tanah akan berbeda dari ExoMars. Satu-satunya tujuan rover tersebut ialah menemukan dan mengumpulkan tabung sampel tanah Mars yang dipersiapkan dan ditinggalkan rover Mars 2020.

Rover Mars 2020 akan menggali sampel tanah dan menyimpannya di lebih dari 30 tabung yang akan dijatuhkan di berbagai titik. Idenya, menjemput rover di Mars pada 2026, di mana dia akan bisa mendeteksi tabung-tabung itu dari kejauhan, berkendara ke lokasinya sendiri, mengambilnya dengan lengan robot, dan menyimpannya dalam ruang penyimpanan.

Tim kelayakan di Airbus untuk proyek ini menyebutkan, penjelajah baru akan menjadi rover yang relatif kecil dengan bobot sekitar 130 kg. Rover baru akan memakan waktu sekitar 150 hari untuk mengumpulkan semua tabung yang ditinggalkan oleh Mars 2020.

Setelah itu, rover harus menemukan roket yang mengantarnya ke Mars. Tabung akan diserahkan ke roket yang kemudian akan meledak dan diharapkan bisa kembali ke bumi.


Editor : Tuty Ocktaviany