Gara-Gara Smartphone, Canon Geser Fokus Kamera Compact

Dini Listiyani ยท Selasa, 10 Juli 2018 - 15:23 WIB
Gara-Gara Smartphone, Canon Geser Fokus Kamera Compact

Canon melirik kamera compact. (Foto: Expert Reviuws)

JAKARTA, iNews.id - Guna meningkatkan kualitas foto di smartphone, Huawei akhirnya menggandeng Leica, produsen kamera asal Jerman yang namanya cukup dikenal di kalangan pencinta fotografi.

Langkah Leica merambah dunia smartphone, tampaknya menarik perhatian dari produsen kamera lainnya, yakni Canon. Produsen kamera asal Jepang ini rupanya tak menampik kemungkinan ke arah sana.

"Untuk saat ini sih belum ada wacana ke sana ya. Tapi, tentu saja dari R&D Canon mereka akan terus mengeksplor kemungkinan ke sana. Tapi untuk saat ini, belum ada rencana ke sana," kata Division Manager pt Datascrip Sintra Wong di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Seperti diketahui, saat ini smartphone telah menjadi salah satu perangkat penting banyak orang, baik untuk mengerjakan tugas pribadi atau kantor. Melalui perangkat kecil ini, pengguna juga sudah bisa mengambil gambar mumpuni dibandingkan compact.

Karena itu, Canon juga menggeser fokus mereka pada kamera compact seri low-end. Bahkan secara global, kamera compact mengalami penurunan sekitar 50 persen sejak 2013.

Wong bahkan tidak menampik untuk pengguna umum sekarang ini lebih banyak menggunakan smartphone dibandingkan kamera compact.

Meski begitu, Wong menegaskan, Canon tidak meninggalkan lini kamera compact. Menurutnya, hanya segmen penggunanya saja yang berubah.

"Di Indonesia sendiri, kita masih banyak menjual kamera-kamera seperti itu, cuma segmen konsumennya itu udah bukan lagi pengguna rumahan (umum). Tapi, itu lebih banyak ke corporate seperti kebutuhan survei," ucapnya.


Editor : Tuty Ocktaviany