Studi: Pemilik iPhone Kemungkinan Berpenghasilan Tinggi

Dini Listiyani · Rabu, 11 Juli 2018 - 06:39 WIB

Pemilik iPhone punya penghasilan tinggi. (Foto: Mashable)

NEW YORK, iNews.id - Guna melihat seberapa tinggi penghasilan seseorang bukan hanya dilihat dari mobil dan baju yang dia pakai, tapi juga smartphone. Ya, smartphone ternyata bisa dijadikan indikator seberapa besar penghasilan seseorang.

Paper Juni dari National Bureau of Economic Research menemukan, memiliki iPhone merupakan tanda kuat seseorang kaya atau setidaknya berpenghasilan tinggi.

"Kami mengukur jarak budaya antara dua kelompok sebagai kemampuan untuk menyimpulkan kelompok individu berdasarkan pada (i) konsumsi media, (ii) perilaku konsumen, (iii) penggunaan waktu, atau (iv) sikap sosial," tulis studi tersebut seperti dilaporkan Mashable, Rabu (11/7/2018).

Paper yang ditulis Marianne Bertrand dan Emir Kamenica memiliki beberapa detail menarik. Sebagai contoh saat 1992 orang menggunakan mustard Grey Poupon Dijon, sebanyak 62,2 persen diindikasi berpenghasilan tinggi.

Pada 2016, mustard termewah telah digantikan oleh iPhone. Secara khusus mereka yang memiliki iPhone, sebanyak 69.1 persen diprediksi berpenghasilan tinggi.

"Mengetahui apakah seseorang memiliki iPad pada 2016, memungkinkan kita menebak dengan benar apakah orang tersebut berada di kuartil atas atau bawah pendapatan," kata peneliti.

"Sepanjang tahun dalam data kami, tidak ada merek individu yang memperdiksi memiliki berpenghasilan tinggi seperti memiliki iPhone pada 2016," ujarnya.

Sayangnya, peneliti tidak menjelaskan kecenderung apa yang membuat iPhone menggantikan mustard Gray Poupon berkaitan dengan kekayaan Anda.

Ya, iPhone memang mahal. Tengok saja iPhone X, di Indonesia harganya hampir menyentuh Rp20 juta. Tapi, apakah artinya semua orang yang memiliki iPhone itu kaya? Tentu saja tidak. Meski begitu, menurut Bertrand dan Kamenica, itu pertanda bagus.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR