Asian Games 2018, Kominfo Luncurkan Aplikasi Duta Suporter Indonesia

Dini Listiyani ยท Rabu, 11 Juli 2018 - 12:42 WIB
Asian Games 2018, Kominfo Luncurkan Aplikasi Duta Suporter Indonesia

Kominfo luncurkan Aplikasi Duta Suporter Indonesia. (Foto: Kominfo)

JAKARTA, iNews.id - Guna memeriahkan Asian Games 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang didukung INASGOC meluncurkan aplikasi Kompetisi dan Aplikasi Duta Suporter Indonesia (DSI).

Aplikasi DSI dirancang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia dalam Asian Games 2018 yang akan berlangsung 18 Agustus hingga 2 September 2018.

"Sebagai bagian dari rangkaian yang dilakukan Kominfo untuk mendukung Asian Games 2018, Kompetisi dan Aplikasi Suporter Indonesia ini ditujukan untuk melibatkan dan mengajak seluruh masyarakat untuk ikut memiliki Asian Games 2018 secara digital," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam keterangan yang diterima iNews.id, Rabu (11/7/2018).

Melalui aplikasi berbasis Android ini, masyarakat diberi kesempatan untuk mengikuti kompetisi menjadi Duta Suporter dari 34 provinsi di Indonesia. Kompetisi berlangsung selama sebulan penuh mulai dari 7 Juli hingga 7 Agustus 2018.

Sebanyak 68 Duta Suporter yang terpilih nantinya diundang ke Jakarta untuk menghadiri rangkaian Asian Games 2018. Adapun rangkaian acara yang bisa diikuti tersebut mencakup pembukaan hingga menonton berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Selama masa kompetisi, para kandidat duta akan mendapatkan tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan provinsi yang diwakilinya. Misalnya, membuat tulisan singkat yang menjelaskan alasan kandidat tertarik menyaksikan acara pembukaan Asian Games secara langsung.

Para kandidat itu akan dipilih melalui sistem voting, di mana akan dipilih dua duta suporter dengan vote terbanyak dari tiap provinsi, dengan kriteria masing-masing satu perempuan dan laki-laki.

Enda Nasution yang berperan sebagai pengembang aplikasi ini menjelaskan, sejak soft-launching pada 7 Juli, tercatat sudah ada 10 ribu kandidat telah mendaftar.

“Kita ingin suporter Indonesia jadi suporter yang sportif, bijak, dan aktif. Hingga saat ini tercatat sudah ada 10 ribu pendaftar, dengan tingkat exposure mencapai tiga juta orang. Jadi, sudah ada tiga juta orang Indonesia yang tahu tentang aplikasi ini. Aplikasi ini berbasis Android, namun untuk iOS ada versi web-nya,” jelasnya.


Editor : Tuty Ocktaviany