John Giannandrea, Mantan Petinggi Google Pimpin Tim AI Apple

Dini Listiyani ยท Rabu, 11 Juli 2018 - 17:01 WIB
John Giannandrea, Mantan Petinggi Google Pimpin Tim AI Apple

Mantan petinggi Google pimpin tim AI Apple. (Foto: Theverge)

CUPERTINO, iNews.id - Apple telah menggabungkan berbagai divisi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam struktur baru. Struktur baru tersebut dipimpin oleh mantan head of search and AI Google John Giannandrea.

Apple mengonfirmasi perubahan struktur di tubuhnya dengan memperbarui halaman executive leadership-nya. Giannandrea sekarang bertanggung jawab atas divisi machine learning, tim Siri, dan Core ML.

Core ML merupakan machine learning API yang diluncurkan Apple tahun lalu untuk membantu tugas native AI dan aplikasi berfokus pada kecerdasan buatan, serta layanan dari pengembang aplikasi pihak ketiga yang berjalan lebih efisien di perangkat iOS.

Apple tampaknya percaya dengan Giannandrea untuk meningkatan upaya AI Apple. Karena itu, mantan eksekutif Google akan menyandang jabatan chef of machine learning dan AI strategy.

Seperti diketahui, Apple tertinggal dalam bidang kunci AI seperti pemprosesan bahasa alami dan computer vision. Keduanya, sebenarnya diperlukan untuk memperkuat fitur suara asisten di dalam Siri dan teknologi yang lebih canggih seperti augmented reality (AR).

Karena komitmen Apple terhadap privasi pengguna dan perannya yang kurang aktif dalam komunitas riset AI, mereka tidak bisa mengumpulkan kumpulan data machine learning yang berguna untuk melatih algoritma baru.

Hal tersebut bisa merugikan Apple di pasar baru seperti smart home. Dengan Giannadrea mengendalikan semua upaya AI Apple, tampaknya perusahaan berharap visi yang lebih terpadu, sumber daya bersama, dan kolaborasi yang lebih erat akan membantu menebusnya.


Editor : Tuty Ocktaviany