Twitter Hapus Akun yang Tak Tervalidasi

Dini Listiyani ยท Kamis, 12 Juli 2018 - 14:03 WIB
Twitter Hapus Akun yang Tak Tervalidasi

Twitter. (Foto: Vision Strategy)

JAKARTA, iNews.id - Guna mendorong percakapan yang sehat di platform-nya, Twitter memutuskan menghapus akun terkunci dari metrik jumlah pengikut. Penghapus akan berdampak pada perubahan jumlah pengikut yang ditampilkan pada profile pengguna.

Sepanjang 2018, Twitter telah mengunci akun yang terdeteksi memiliki perubahan mendadak dalam perilakunya. Saat hal tersebut terjadi, media sosial (medsos) berlogo burung biru ini akan menghubungi pemilik akun.

Sebelum pemilik memvalidasi akun dan mengubah password mereka, akun tersebut akan tetap terkunci dan pengguna tidak bisa login ke Twitter.

Pekan ini, akun-akun yang terkunci tersebut akan dihapus dari jumlah pengikut di seluruh profile secara global. Akibatnya, jumlah pengikut yang ditampilkan di banyak profile pengguna akan berkurang.

Ya, untuk saat ini, pembaruan hanya berdampak pada jumlah pengikut karena merupakan salah satu fitur yang paling terlihat di Twitter. Selain itu, jumlah pengikut sering dikaitkan dengan kredibilitas akun itu sendiri.

Setelah akun terkunci, maka akun tersebut tidak bisa mencuit, menyukai tweet pengguna lain atau melakukan Retweet. Twitter bahkan tidak akan menanyangkan iklan kepada mereka.

Banyak pengguna akan mengalami penurunan mulai dari empat pengikut atau lebih. Bahkan, pengguna lain dengan jumlah pengikut lebih banyak akan mengalami penurunan yang lebih signifikan.

Dijelaskan dalam blog-nya, akun yang terkunci berbeda dengan spam atau bot. Dalam banyak kasus, akun ini dibuat oleh orang sungguhan, tapi Twitter tidak bisa memastikan orang asli yang membuka akun tersebut masih memiliki kontrol dan akses.

Sementara spam, biasanya menunjukkan perilaku sejak awal yang semakin bisa diprediksi oleh sistem Twitter dan akun tersebut bisa dinonaktifkan secara otomatis.


Editor : Tuty Ocktaviany