Bukan Teknologi, Ini Tantangan Terbesar Transformasi Digital

Dini Listiyani · Kamis, 12 Juli 2018 - 20:37 WIB

Teknologi. (Foto: Future Learn)

JAKARTA, iNews.id - Seiring dengan perubahan teknologi, transformasi digital tampaknya mulai dibutuhkan dalam setiap industri. Namun, transformasi digital juga memiliki tantangan tersendiri.

Tantangan transformasi digital, diakui Managing Director ASEAN Avaya Sami Ammous, bukan datang dari teknologi itu sendiri melainkan manusia. 

"Tantangan terbesar dalam transformasi digital bukan teknologi, tapi manusia itu sendiri. Manusia harus dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan industri-industri dari pelaku bisnis saat ini sebagaimana kita menerapkan teknologi sesuai dengan manusia," katanya di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Kesesuaian antara industri dengan manusia nantinya bisa melahirkan satu kesatuan. Dengan begitu, bisa menghasilkan solusi secara menyeluruh.

Transformasi digital tampaknya saat ini dibutuhkan oleh berbagai sektor, termasuk bank. Salah satu bank Indonesia yang telah beralih ke digital saat ini ialah bank BCA.

"Masyarakat sudah digital, kalau kita enggak nanti ketinggalan," kata Executive VP Center Digital Vision BCA Wani Sabu di acara media briefing Avaya.

Dengan transformasi digital tersebut, BCA juga mengklaim bisa meningkatkan pengalaman pelanggannya, memberikan keunggulan yang jauh lebih kompetitif, dan mendorong pertumbuhan bisnisnya.

"Teknologi telah mengubah cara dan ekspektasi para nasabah bank kami. Solusi Avaya yang kami adopsi, menempatkan kami pada posisi yang sangat baik untuk memberikan apa yang dibutuhkan pelanggan," ujarnya.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR