Canggih, Kecerdasan Buatan Bisa Kloning Suara Anda

Dini Listiyani · Sabtu, 14 Juli 2018 - 10:11 WIB

Canggih, Kecerdasan Buatan Bisa Kloning Suara Anda (Foto: Cnet)

JAKARTA, iNews.id - Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi juga ikut berkembang. Bahkan di masa depan, artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan bisa lebih canggih dibanding saat ini.

Lyrebird, perusahaan AI berbasis Montreal mampu menciptakan suara buatan paling realistis di dunia. Software perusahaan merekam suara Ashlee Vance dari Bloomberg dan mengkloningnya dalam beberapa menit.

Suara buatan tersebut begitu realistis, sehingga Vance tidak menyadari sedang berbicara dengan komputer, bukan putranya saat dihubungi via telepon.

Teknologi Lyrebird telah digunakan untuk membatu orang, termasuk pencetus Ice Bucket Challange Pat Quinn. Quinn menderita ALS atau penyakit motor neuron yang akhirnya merenggut suaranya.

Lyrebird menggunakan klip video pidato Quinn untuk menggantikan suara robotic text-to-speech yang sebelumnya digunakan untuk berkomunikasi.

Namun kloning suara meningkatkan, kemungkinan penyalahgunaan teknologi. Vance menggunakan Lyrebird untuk menyamar sebagai Presiden Donald Trump dengan suara buatan, sehingga meningkatkan kekacauan digital.

"Kami ingin teknologi kami digunakan untuk hal positif. Itu bukan sesuatu yang harus kita takuti. Ini sesuatu yang harus kita waspadai dan antusias," kata Co-founder Lyrebird dalam sebuah video interview.


Editor : Dini Listiyani

TAG : ai

KOMENTAR