Pengguna Facebook di Bawah 13 Tahun Bakal Dikunci

Dini Listiyani · Jumat, 20 Juli 2018 - 17:23 WIB
Pengguna Facebook di Bawah 13 Tahun Bakal Dikunci

Pengguna Facebook di Bawah 13 Tahun Bakal Dikunci (Foto: Tech Spot)

MENLO PARK, iNews.id - Guna mematuhi Undang-Undang Perlindungan Privasi Online Anak Amerika Serikat (AS), Facebook mengubah batas umur pengguna di jejaring sosialnya dan Instagram.

Demi mematuhi Undang-Undang, Facebook mengharuskan pengguna jejaring sosial dan Instagramnya setidaknya harus berusia 13 tahun. Namun, penyelidikan baru-baru ini mengungkapkan, aturan itu sering diabaikan.

Penyelidikan tersebut dilakukan oleh wartawan yang menyawar dari Inggris, yang bekerja sebagai pengulas konten di Facebook. Setelah investigasi dipublikasikan, Facebook mengeluarkan catatan di blog-nya.

"Sejak program ini, kami telah bekerja untuk memperbarui panduan bagi reviewers untuk menunda akun apa pun yang mereka temui jika mereka memiliki indikasi yang kuat di bawah umur," katanya seperti dilaporkan Ubergizmo, Jumat (20/7/2018).

Tech Spot melaporkan, dengan adanya perubahan itu pengguna yang dicurigai kurang dari 13 tahun akan dikunci. Mereka baru bisa menggunakan akunnya lagi setelah membuktikan usianya lebih dari 13 tahun.

Kebijakan ini sebenarnya tidak baru, tapi Facebook hanya menegaskan komitmennya untuk memberlakukan aturan yang ada. Peraturan tersebut bisa saja menjadi masalah bagi pengguna yang dituduh sebagai orang di bawah umur.

Facebook tampaknya tidak hanya membuat kebijakan usia berjalan di platform utamanya, tapi juga di layanan lainnya seperti Instagram.

 


Editor : Dini Listiyani