Ingatkan Detak Jantung Tak Normal, Apple Watch Selamatkan Nyawa Pria

Dini Listiyani ยท Kamis, 02 Agustus 2018 - 14:01 WIB
Ingatkan Detak Jantung Tak Normal, Apple Watch Selamatkan Nyawa Pria

Apple watch selamatkan nyawa pria (Foto: Apple).

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media
CUPERTINO, iNews.id - Kisah Apple Watch menyelamatkan nyawa seseorang bukan merupakan hal baru. Kisah terbaru datang dari pria asal Australia. 

Pria bernama Adam Love memiliki kisah unik tentang Apple Watch yang menyelamatkan nyawanya. Cara Apple Watch menyelamatkan Love dengan memberitahu detak jantung pria asal Australia itu tidak normal saat tidur. 

Apple Watch mencatat, rata-rata detak jantung Love per menit ialah 130-140. Angka tersebut tidak tepat karena detak jantung sehat yang sedang beristirahat biasanya sekitar 60bpm, seperti dilaporkan Ubergizmo, Kamis (2/8/2018).

Mengetahui ada yang tidak beres dengan detak jantungnya, Love akhirnya memutuskan untuk pergi ke dokter. Di sana dia diagnosa memiliki lubang di jantungnya, yang dibawa sejak lahir. 

Dokter juga menemukan, paru-paru bagian atasnya memompa ke atrium jantungnya yang salah, yang artinya darah sia-sia bersikulasi di sekitar paru-paru dan tidak sampai ke seluruh tubuhnya. 

Pada akhirnya, Love menjalani operasi. Dalam operasi itu, sang dokter membuat sayatan lubang kunci di sisi kanannya dan menggunakan robot daVinci 3D untuk menambal lubang tersebut. Operasi itu mengakibatkan waktu pemulihannya dipersingkat dari 12 minggu menjadi 3 minggu. 

Kisah Apple Watch menyelamatkan nyawa seseorang bukan pertama kalinya terdengar. Semakin baik teknologi, maka bukan tidak mungkin di masa depan produk akan mengambil alih medis. 

 


Editor : Adhityo Fajar