Kilatan Cahaya Hijau Tak Ada Kaitannya dengan Gempa NTB

Dini Listiyani ยท Senin, 06 Agustus 2018 - 12:02 WIB
Kilatan Cahaya Hijau Tak Ada Kaitannya dengan Gempa NTB

Gempa berkekuatan 7 SR guncang Lombok Utara. (Foto: Istimewa).

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

LOMBOK, iNews.id - Gempa Bumi berkekuatan 7 Skala Richter (SR) mengguncang kawasan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) kemarin. Bersamaan dengan gempa tersebut, sejumlah warga dihebohkan dengan penampakan kilatan cahaya hijau di langit. 

Kilatan cahaya berwarna hijau dari langit arah utara Kota Mataram itu dipastikan tidak ada hubungannya dengan gempa Bumi yang berpotensi menimbulkan Tsunami tersebut. 

"Tidak ada kaitan gempa dengan ketampakan cahaya tersebut," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin dalam pesan singkatnya kepada iNews.id, Senin (6/8/2018).

Sayangnya, belum ada informasi tentang kilatan cahaya berwarna hijau di langit arah utara Kota Mataram tersebut. Kepala LAPAN tersebut juga masih mencari tahu sumber kilatan cahaya berwarna hijau tersebut. 

"Cahaya tersebut saya belum tahu apa sesungguhnya dan sumbernya," ujarnya.

Sekadar informasi, gempa bumi berkekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok Utara mengakibatkan 82 orang korban tewas, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan.

Ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman. Aparat gabungan terus melakukan evakuasi dan penanganan darurat akibat gempabumi. Daerah yang terparah adalah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram.

Berdasarkan laporan dari BPBD Provinsi NTB, dari 39 orang meninggal dunia, korban berasal dari Kabupaten Lombok Utara 65 orang, Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Kota Mataram 4 orang, dan Lombok Timur 2 orang. Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh.


Editor : Adhityo Fajar