Jaga Akses Komunikasi di Lombok, Kominfo Sediakan VSAT Portable

Dini Listiyani · Senin, 06 Agustus 2018 - 20:30 WIB
Jaga Akses Komunikasi di Lombok, Kominfo Sediakan VSAT Portable

Kondisi pascagempa di Lombok. (Foto: Twitter Sutopo BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus berupaya menjaga akses telekomunikasi di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Pasalnya, saluran komunikasi sangat penting untuk dukungan penanganan bencana.

Tim Balai Monitor Spektrum Frekuensi Kementerian Kominfo Wilayah NTB di Mataram telah melakukan koordinasi dengan ORARI dan RAPI untuk terus mendukung penyediaan sarana komunikasi.

"Saat ini terus dilakukan pemantauan kondisi sarana prasarana atau fasilitas telekomunikasi, khususnya BTS-BTS di lokasi gempa, mengingat arus listrik yang padam di wilayah terdampak," kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza, Senin (6/8/2018).

Melaui keterangan tertulisnya, Kominfo bersama dengan Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) juga telah menyediakan telepon satelit dan VSAT Portable di pos koordinasi dan lokasi strategis untuk mendukung koordinasi penanganan bencana dan kebutuhan di pos koordinasi pengungsian.

"Sebelumnya, guna mendukung penanganan pemulihan bencana gempa bumi, BAKTI-Kominfo telah menempatkan 4 VSAT Portable," ujarnya.

Bersama BAKTI, Kominfo juga akan melakukan penambahan VSAT Portable untuk penyediaan akses internet dan dukungan lebih luas akan kebutuhan komunikasi di lokasi bencana. Tidak sampai di situ, BTS-BTS USO yang merupakan penyediaan akses telekomunikasi di wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal), dari hasil pantauan lapangan semua pada kondisi on (hidup).

Sebelumnya, gempa bumi melanda NTB pada Minggu 5 Agustus 2018. Berdasarkan data terakhir, jumlah korban meninggal meningkat menjadi 98 orang, sebanyak 209 luka-luka, dan ribuan rumah mengalami rusak berat.


Editor : Tuty Ocktaviany