4 Hal dengan Bau Paling Mengerikan Menurut Sains, Salah Satunya Durian

Dini Listiyani ยท Selasa, 07 Agustus 2018 - 05:04 WIB
4 Hal dengan Bau Paling Mengerikan Menurut Sains, Salah Satunya Durian

Bau durian sangat menyengat. (Foto: Myc)

JAKARTA, iNews.id - Telur busuk, hewan muntah, dan paus mati bisa menyebabkan bau yang tidak sedap. Sebenarnya, masih ada bau busuk yang lebih mengerikan daripada telur busuk tersebut.

Menurut penelitian di The Journal of Neuroscience, pertempuran bau busuk bermuara pada struktur molekul yang mendasarinya. Studi pada 2017 mengamati 1.500 prototipe dari 150 molekul yang berbeda untuk membangun hubungan antara bau dan sifat fisikokimia, yaitu cara molekulnya diatur.

Tim University of California, Berkeley juga menemukan berat molekul dari kerapatan elektron sebenarnya terkait erat dengan bagaimana cara manusia merasakan kualitas aroma. Lebih berat, molekul yang menyebar cenderung dikaitkan dengan bau busuk.

Sedangkan molekul yang lebih ringan dan compact cenderung menyenangkan. Misalnya, butanol, molekul pada elektron dan berjarak, berbau seperti kayu yang membusuk. Sementara limonene, molekul compact dan ringan, berbau seperti jeruk.

Ahli pencium yang terlibat dalam penelitian ini juga percaya sesuatu yang lebih dalam bisa bekerja. Bukan hanya bau kimia seperti apa, tapi bagaimana otak manusia meresponsnya, sehingga membuatnya menjadi buruk. Penelitian menunjukkan evolusi juga ikut andil di sini.

Untuk lebih mengetahui tentang bau tersebut, berikut merupakan sejarah singkat beberapa aroma yang paling mengerikan di dunia, seperti dirangkum iNews.id dari Science Alert, Selasa (7/8/2018).

Uranus

Penelitian terbaru menunjukkan fakta planet Uranus berbau seperti telur busuk. Tim astronom menemukan, bau busuk itu tidak lain merupakan hidrogen sulfida, gas yang memberikan bau berbeda dan hadir berlimpah di atmosfer planet ketujuh dari matahari tersebut.

Durian

Buah berduri yang satu ini terkenal karena memiliki bau yang menyengat. Menurut sebuah penelitian, durian mendapatkan bau khas dari 44 senyawa aktif yang bisa berbau seperti apa pun.

Rafflesia Arnoldii

Rafflesia arnoldii memiliki bau busuk. Bau busuk itu berfungsi untuk menarik mangsa yang berperan penting pada proses penyerbukan.

The Lesser Anteater

Hewan yang satu ini bisa mengeluarkan bau yang menyengat. Hewan berwajah lucu ini, lima hingga tujuh kali lebih bau dibanding sigung. The Lesser anteater menggunakan bau untuk mengusir pengunjung dan pemangsa yang tidak diinginkan.


Editor : Tuty Ocktaviany