Rilis ke Publik, Ini Fitur yang Dibawa Android 9 Pie

Dini Listiyani ยท Selasa, 07 Agustus 2018 - 12:51 WIB
Rilis ke Publik, Ini Fitur yang Dibawa Android 9 Pie

Google pilis android pie. (Foto: Ubergizmo)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Google mengungkapkan Android P, sistem operasi (OS) Google selanjutnya beberapa bulan lalu. Sejak itu, Android P telah menjadi unggulan beberapa previews dan pengembang.

Penantian kini berakhir, Google telah merilis untuk publik Android P ke setiap pengguna Android dengan perangkat kompatibel. Bahkan, nama untuk Android P juga dirilis raksasa jejaring internet hari ini.

Google menamakan sistem operasi versi 9.0 ini sebagai Android 9 Pie. Android 9 Pie membawa sejumlah fitur yang diperkuat dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ke perangkat yang kompatibel, seperti dilaporkan Ubergizmo, Selasa (7/8/2018).

Adapun fitur yang ditenagai AI itu mencakup Adaptive Battery dan Adaptive Brightness. Fitur-fitur ini mempelajari kebiasaan pengguna, kemudian menyesuaikan pengaturan untuk mereka secara otomatis.

App Actions memprediksi apa yang ingin dilakukan pengguna selanjutnya berdasarkan konteks, kemudian menampilkan tindakan tersebut di perangkat. Fitur Slices yang dirinci pada I/O 2018 awal tahun akan keluar musim gugur ini.

Fitur akan menampilkan informasi yang relevan dari aplikasi jika diperlukan. Selain itu, Android 9 Pie juga membawa sistem Navigasi baru, yakni single home button yang dimaksudkan untuk membuat navigasi lebih mudah pada perangkat lebih tinggi.

Swipe sederhana mengungkap Overview yang dirancang menunjukkan previews dari aplikasi yang baru-baru ini digunakan. Fitur-fitur Digital Wellbeing yang terungkap pada I/O 2018, hanya akan tersedia pada smartphone Pixel musim gugur ini.

Selanjutnya, fitur akan tersedia di Android One dan perangkat lain di akhir tahun ini. Fitur-fitur ini tersedia di-preview untuk smartphone Pixel yang menjalankan Android 9.

Android 9 Pie kini diluncurkan untuk smartphone Pixel Google. Essential merilisnya untuk Essential Phone juga. Penetrasi Android 9 Pie ini akan memakan waktu untuk sampai ke OEM lainnya.


Editor : Tuty Ocktaviany