Soal ROG Phone di Indonesia, Asus sedang Proses TKDN

Dini Listiyani ยท Rabu, 08 Agustus 2018 - 04:12 WIB
Soal ROG Phone di Indonesia, Asus sedang Proses TKDN

Asus akan mengeluarkan smartphone gaming ROG Phone. (Foto: Asus)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Asus tahun ini mengeluarkan smartphone gaming ROG Phone. Ponsel penantang Razer Phone ini rupanya sedang bersiap masuk ke pasar Indonesia.

Namun, pihak Asus Indonesia belum ingin membongkar waktu resmi peluncuran ROG Phone tersebut. Sebab saat ini, ROG Phone masih terganjal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"ROG Phone kemungkinan kuartal keempat (Q4). Cuma kita belum bisa informasikan kapan, karena sedang proses pengerjaan TKDN," kata Head of Public Relations Asus Indonesia Muhammad Firman usai peluncuran notebook X505ZA di Jakarta, Selasa 7 Agustus 2018.

Saat ini, kata Firman, Asus sedang meracik formula lain supaya TKDN mencapai 30 persen seperti yang ditetapkan oleh pemerintah. Mengingat berdasarkan hitungan Asus, ROG Phone ternyata belum mencapai 30 persen.

"Formulasinya lagi dihitung-hitung sih. Pokoknya, kita harus dapat 30 persen," ujarnya.

Sejauh ini, Firman juga tidak memastikan kapan proses TKDN itu akan selesai. Dia memprediksikan, ROG Phone akan siap untuk diluncurkan pada kuartal keempat (Q4) tahun ini.

Untuk harga, Firman enggan memberikan bocoran. Menurutnya, harga ROG Phone di Indonesia nantinya jauh lebih tinggi dibanding luar negeri.

"Kayaknya lebih mahal karena kurs tadi (dolar AS meningkat)," katanya.

ROG Phone tampaknya tidak akan datang sendirian. Ponsel khusus gaming Asus ini kemungkinan akan dibundel dengan cooling.

"Aksesori belum ada update dari pusat. Yang pasti sih cooling-nya, itu saja," ujarnya.

Spesifikasi

Asus merilis smartphone khusus gaming di bawah nama ROG. ROG Phone ini dibekali dengan Snapdragon 845 Mobile Platform di dalamnya.

Untuk bagian layar, ROG Phone ini ditopang layar AMOLED 6 inci beresolusi 2.160x1.080 piksel. Di bagian dalamnya, ROG Phone ditopang RAM 8 GB dan opsi memori internal 128 GB dan 512 GB.

Di sektor kamera, ROG Phone disokong sensor 12 MP+8 MP di bagian belakang. Sementara di bagian depan, ROG Phone dibekali sensor 8 MP.

Untuk memperkuat suaranya, Asus menyematkan dual speaker stereo menghadap ke depan dengan smart amplifier 24-bit. Sedangkan untuk daya perangkat, Asus membekali ROG Phone dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh.


Editor : Tuty Ocktaviany