Setelah Update, Kode Sumber Snapchat Terkuak ke Internet

Dini Listiyani · Kamis, 09 Agustus 2018 - 07:01 WIB
Setelah Update, Kode Sumber Snapchat Terkuak ke Internet

Setelah Update, Kode Sumber Snapchat Terkuak ke Internet (Foto: Slash Gears)

SAN FRANCISCO, iNew.id - Snap tanpa sengaja mengungkapkan beberapa kode sumber untuk Snapchat iOS. Kebocoran itu buah dari pembaruan aplikasi yang dikeluarkan Mei lalu.

Snap telah mengonfirmasi tentang bocornya kode sumber Snapchat kepada Motherboard. Induk Snapchat mengatakan, beberapa kode Snapchat untuk iOS telah terpapar oleh update yang dirilis awal tahun ini.

Sayangnya, tidak diketahui berapa lama kode tersebut bisa bocor hingga akhirnya Snap menyadari dan memperbaiki masalah tersebut. Berapa pun durasinya, orang lain juga memerhatikan dan mengarsipkan kode di GitHub.

Dalam pernyataannya kepada Motherboard, Snap mengatakan kode telah dihapus dari GitHub. Pemaparan itu, kata Snap tidak merusak komunitas Snapchat atau aplikasi apa pun.

Namun, Snap memukul GitHub dengan permintaan tindakan hak cipta agar kode sumbernya dihapus, seperti dilaporkan Slash Gears, Kamis (9/8/2018).

Mencoba mengakses langsung GitHub, tempat kode diarsipkan membuahkan pemberitahuan penghapusan DMCA. Namun, salinan data masih ada secara pribadi di antara mereka yang menyalinnya.

Bahkan berdasarkan beberapa tweet, beberapa orang telah membagikannya dengan yang lain. Ya, sesuatu yang sudah tersebar di internet memang sulit benar-benar dihilangkan.


Editor : Dini Listiyani