Drone Otomatis, Rekomendasi Peneliti untuk Jauhkan Burung dari Bandara

Dini Listiyani ยท Kamis, 09 Agustus 2018 - 13:02 WIB
Drone Otomatis, Rekomendasi Peneliti untuk Jauhkan Burung dari Bandara

Drone Otomatis, Rekomendasi Peneliti untuk Jauhkan Burung dari Bandara (Foto: YouTube)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

CALIFORNIA, iNews.id - Burung bisa menimbulkan bahaya besar bagi pesawat terbang. Sebab, burung bisa menabrak pesawat atau tersedot dalam mesin sehingga menyebabkan kerusakan.

Untuk mengurangi birds strike atau burung menabrak atau tersedot pesawat ini, peneliti di Caltech tergugah untuk mencari cara. Menurut mereka, drone otomatis bisa dijadikan trik untuk mengusir burung.

Drone sebenarnya bisa digunakan saat ini. Tapi drone yang memerlukan uji coba oleh manusia memakan dana dan terbatas karena akan membutuhkan perekrutan pilot yang berkualitas.

Dengan menggunakan drone otomatis, artinya pesawat tanpa awak ini bisa bertindak sebagai penjaga tanpa campur tangan manusia. Ide penggunaan drone otomatis ini datang dari Soon-Jo Chung setelah membaca tentang insiden 2009 yang melibatkan US Airways.

"Itu membuat saya berpikir lain kali mungkin tidak memiliki akhir yang bahagia. Jadi, saya mulai mencari cara untuk melindungi wilayah udara dari burung dengan memanfaatkan area penelitian saya dalam otonomi dan robotika," katanya seperti dilaporkan Ubergizmo, Kamis (9/8/2018).

Namun, ada tantangan untuk ide ini yakni memprediksi arah kawanan burung dan memengaruhi perilaku mereka. Misalnya, menerbangkan drone terlalu jauh tidak akan membawa dampak apa pun.

Tapi, menerbangkan drone terlalu dekat bisa mengakibatkan penyebaran formasi. Penyebaran formasi ini akan membuat kondisi lebih kacau dan buruk.


Editor : Dini Listiyani

TAG : drone