Membandingkan Spesifikasi Galaxy Note 9 vs iPhone X

Dini Listiyani · Jumat, 10 Agustus 2018 - 18:01 WIB
Membandingkan Spesifikasi Galaxy Note 9 vs iPhone X

JAKARTA, iNews.id - Galaxy Note 9 akhirnya resmi diperkenalkan oleh Samsung. Kedatangan suksesor Galaxy Note 8 ini tentu semakin memperketat persaingan smartphone flagship di pasaran.

Sebelum Galaxy Note 9 diumumkan, ada smartphone unggulan lainnya yang telah tiba di pasaran dengan membawa berbagai fitur canggih di dalamnya. Salah satu smartphone itu datang dari Apple, yakni iPhone X.

Saat iPhone X diluncurkan, smartphone garapan Apple ini begitu menarik perhatian. Sebab, iPhone X mengadopsi desain berbeda dengan ponsel lainnya.

Ponsel ini memiliki notch atau dikenal poni di layarnya dan bezel tipis. Bahkan, penggunaan notch ini kini banyak diadopsi vendor smartphone Android. Lantas, biasakah Galaxy Note 9 melawan iPhone X dan perbedaan mencolok di antara mereka?

Untuk lebih jelas, yuk intip perbandingan spesifikasi antara Galaxy Note 9 vs iPhone X tersebut yang iNews.id rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/8/2018).

Desain
Galaxy Note 9 memiliki dimensi 161.9 x 76.4 x 8.8 mm dan iPhone X 143.6 x 70.9 x 7.7 mm, sehingga membuat smartphone garapan Apple ini lebih kecil dibandingkan Note 9. Bobot yang dimiliki iPhone X juga lebih kecil dibandingkan Note 9. Galaxy Note 9 bobotnya 201 gram dan iPhone X 174 gram.

Secara material, kedua smartphone unggulan ini sama-sama memiliki body utama kaca. Namun, aksen yang diberikan masing-masing produsen kepada smartphone berbeda. iPhone X menggunakan aksen stainless stell, sementara Galaxy Note 9 aluminium.

Perbedan mencolok antara Galaxy Note 9 dan iPhone X terletak pada stylus. Ya, iPhone X tidak memiliki stylus pen bersama ponsel, sedangkan Galaxy Note 9 punya.

Layar
Jika dilihat sekilas, iPhone X memiliki tubuh yang lebih kecil dari Galaxy Note 9. Ukuran yang lebih kecil itu juga dipengaruhi ukuran layar yang digunakan iPhone X. iPhone X hanya dibekali layar 5.8 inci beresolusi 1.125x2.436 piksel.

Sedangkan Galaxy Note 9 memiliki ukuran layar yang lebih bongsor, yakni 6.4 inci beresolusi 1.440x 2.960 piksel. Kerapatan piksel masing-masing layar juga berbeda, iPhone X 459 ppi dan Galaxy Note 9 514 ppi.

Hardware
Galaxy Note 9 memiliki chipset yang berbeda tergantung wilayahnya. Untuk Amerika Serikat (AS), Galaxy Note 9 dibekali dengan chip octa-core Snapdragon 845 dan di luar AS dibekali chip Exynos. Untuk Apple, iPhone X hanya menggunakan chip A11 Bionic APL1W72 dengan prosesor hexa-core 64-bit.

Galaxy Note 9 dibekali RAM 8 GB dan iPhone X hanya dibekali RAM 3 GB. Untuk ruang penyimpanan internal, Galaxy Note 9 ditopang memori 512 GB dan iPhone X 256 GB.

Kamera
Galaxy Note 9 dan iPhone X sama-sama dibelakali kamera utama 12 MP. Namun, masing-masing aperture-nya berbeda. Galaxy Note 9 aperture-nya f/1.5-f/2.4, sedangkan iPhone X hanya f/1.8.

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan kamera kedua di bagian belakang yang berfungsi untuk menghasilkan gambar lebih bokeh. Di bagian depan, Galaxy Note 9 memiliki kamera 8 MP dan iPhone X 7MP.

Baterai
Di sektor ini, Galaxy Note 9 bisa lebih unggul dari iPhone X mengingat kapasitas baterai yang ditawarkan lebih besar. Galaxy Note 9 dijejali baterai berkapasitas 4.000 mAh di dalamnya, sedangkan iPhone X hanya 2.716 mAh.

 

 


Editor : Dini Listiyani