Apple Ingin Jadikan iPhone Pengganti Passport

Dini Listiyani ยท Sabtu, 11 Agustus 2018 - 19:15 WIB
Apple Ingin Jadikan iPhone Pengganti Passport

Apple Ingin Jadikan iPhone Pengganti Passport (Foto: Francesca/ iNews.id)

CUPERTINO, iNews.id - Apple rupanya ingin menjadikan iPhone sebagai bentuk identifikasi untuk pengguna. Dengan satu sistem penyimpanan yang menggunakan RFID, Apple ingin membuat iPhone menjadi pengganti passport.

Keinginan Apple menjadikan iPhone sebagai alat identifikasi pengguna terungkap berkat paten yang diajukan di United States Patent and Trademark Office (USPTO). Paten itu menjelaskan bagaimana sistem bisa mengimpor data kredensial dari sumber.

Perangkat elektronik yang dijelaskan memiliki radio jarak pendek yaitu RFID atau NFC, dan elemen aman untuk menyimpan serta kemampuan untuk memproses data.

Dengan menggunakan RFID, perangkat memperoleh sebagian informasi kredensial dari dokumen identifikasi yang diterbitkan oleh otoritas seperti SIM atau Kartu Keluarga. Setelah diperoleh, perangkat mengeluarkan permintaan berbasis radio kepada otoritas yang mengeluarkannya.

Setelah dikirimkan dan disetujui oleh otoritas, perangkat kemudian menyimpan kredensial yang diperoleh dalam elemen aman, seperti dilaporkan Apple Insider, Sabtu (11/8/2018).

Dalam identifikasi di masa depan, perangkat akan diminta kredensialnya oleh otoritas, sehingga memicu perangkat melakukan pemeriksaan autentikasi dengan pengguna. Pemeriksaan autentikasi bisa dengan memasukkan password atau menggunakan keamanan biometrik.

Pengajuan aplikasi juga menyebutkan adanya peningkatan penggunaan e-Passport yang mencakup sebuah chip yang menyimpan bermacam-macam data seseorang.

Apple memasukkan banyak pengajuan paten ke USPTO setiap minggu. Tapi, tidak menjadi jaminan ide yang disampaikan akan menjadikannya produk komersial bahkan sekalipun sebagian besar komponen yang diperlukan sudah ada.


Editor : Dini Listiyani