Menkominfo Kerahkan 30 Orang untuk Jaga Komunikasi Radio Asian Games

Okezone.com · Sabtu, 18 Agustus 2018 - 12:58 WIB
Menkominfo Kerahkan 30 Orang untuk Jaga Komunikasi Radio Asian Games

Menkominfo Kerahkan 30 Orang untuk Jaga Komunikasi Radio Asian Games (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Menjelang pembukaan Asian Games 2018 hari ini, beragam persiapan pun dilakukan. Salah satu bagian yang tidak luput dari perhatian ialah pengamanan spektrum frekuensi radio.

Pelaksanaan Asian Games 2018 membutuhkan pengamanan spektrum frekuensi radio pada event opening, pertandingan dan closing. Selama perhelatan berlangsung, spektrum sangat dibutuhkan untuk komunikasi data scooring, sarana check poin, broadcasting, dan komunikasi radio lainnya.

Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memberikan arahan kepada pasukan pengamanan spektrum frekuensi radio di Stadion Utama GBK Zona 11 dalam kegiatan Apel Siaga Pengamanan Spektrum Frekuensi Radio Asian Games yang dilaksanakan hari ini.

Pasukan disiapkan untuk tugas pengamanan spectrum frekuensi Asian Games agar terhindar dari interferensi. “Nanti malam ada acara yang besar yang juga didukung pengguna spektrum frekuensi yang besar bagi event organizer dan juga bagi sarana Wi-Fi yang semuanya perlu diamankan,” tegas Rudiantara, Sabtu (18/8/18)

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Chief RA itu menyebutkan, akan ada 30 orang petugas pengamanan spektrum frekuensi radio yang akan dilakukan untuk menghindari interferensi yang diakibatkan penggunaan radio yang bertabrakan sehingga terjadinya blankspot.

"Makanya dalam stadion utama ini digunakan Wi-Fi raksasa untuk digunakan pengunjung pada pembukaan nanti malam," ujarnya.


Editor : Dini Listiyani