Vivo Sukses Uji Nex S Berteknologi 5G

Dini Listiyani · Selasa, 11 September 2018 - 17:01 WIB
Vivo Sukses Uji Nex S Berteknologi 5G

Vivo Sukses Uji Nex S Berteknologi 5G (Foto Ilustrasi: Unsplash)

BEIJING, iNews.id - Jaringan 5G akan segera dikomersialkan di dunia. Sebelum terjadi, para produsen smartphone terus berupaya untuk menguji jaringan berjalan di smartphone kembangan mereka.

Setelah Oppo, kini giliran Vivo yang ketahuan menguji smartphone kompatibel dengan 5G. Dalam pesan pers yang dilaporkan GSM Arena, Selasa (11/8/2018), Vivo menyatakan mereka mengembangkan smartphone 5G dengan memodifikasi Vivo Nex S terbaru dan modem X50.

Setup perangkat terdiri atas arsitektur non-standalone yang menggabungkan kedua antena LTE dan New Radio (NR) berdasarkan standar 3GPP Release 15. Tes telah menyelesaikan fase pertama protokol dan dengan pensinyalan Keysight UMX 5G.

Langkah berikutnya yang dilakukan Vivo menjelang pengembangan ponsel 5G yang sebenarnya ialah memasuki tes IODT lebih lanjut dengan infrastruktur 5G dan peralatan jaringan dengan memodifikasi Vivo Nex S.

Perusahaan asal China ini memiliki tujuan utama meluncurkan perangkat 5G komersial batch pertama pada 2019. Menurut perusahaa, China Mobile dan Qualcomm telah menjadi mitra utama dalam peluncuran 5G.

Sebelumnya, Oppo juga sukses menguji perangkat berbasis 5G. Oppo telah mencapai kecepatan 5G eksperimental pada unit ritel Oppo R15 yang dimodifikasi.

Pengujian didasarkan pada standar 3GPP Release 15 NSA dengan bandwidth 10 Mhz dari Band 5 LTE dan bandwidth 20 Mhz dari 5G NR n78 band. Modem yang digunakan Oppo pada pengujian ini ialah platform Qualcomm X50 yang diperkenalkan pada Februari 2018 lalu.


Editor : Dini Listiyani