Diterpa Masalah, Apple Terancam Dilarang Impor iPhone & iPad ke Korsel

Dini Listiyani ยท Rabu, 12 September 2018 - 19:39 WIB
Diterpa Masalah, Apple Terancam Dilarang Impor iPhone & iPad ke Korsel

Apple menghadapi masalah di Korea Selatan. (Foto: Appleinsider)

CUPERTINO, iNews.id - Apple tampaknya menghadapi masalah di Korea Selatan (Korsel). Masalah bisa berimbas pada larangan impor iPhone dan iPad ke kandang Samsung.

Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi Korea saat ini sedang menyelidiki tuduhan produk Apple melanggar paten yang dimiliki Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Bahkan, pemerintah Korsel juga telah memperpanjang periode penyelidikan.

Melansir Apple Insider, Rabu (12/9/2018), penentuan akhir oleh regulator kemungkinan akan mendukung KAIST. Jika otoritas setempat menemukan Apple melanggar, kemungkinan akan menyebabkan larangan impor iPhone dan iPad.

"Kami sedang menyelidiki apakah paten Apple melanggar KIP, anak perusahaan KAIST," kata perwakilan Komisi Perdagangan Korea.

Dia menambahkan, produk Apple yang akan menjadi target penyelidikan terdiri atas iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPad, dan semua model iPad Pro yang biasanya diimpor ke Korsel dari China dan Hong Kong.

Paten yang dipermasalahkan berkaitan dengan FinFET, sejenis transistor 3D yang menawarkan waktu pengalihan yang cepat, biasanya digunakan dalam proses dan jenis komponen semikonduktor lainnya.

Menariknya, dalam situasi ini rival Apple, Samsung digadang-gadang bisa menjadi penyelamat. Raksasa elektronik asal Korsel ini sedang terlibat dalam gugatan terhadap KAIST di Amerika Serikat atas paten yang sama.

Samsung telah mengajukan bukti sebagai upaya untuk membatalkan paten. Gugatan serupa juga telah diajukan di Korea Selatan. Jika tuntutan hukum Samsung berhasil membatalkan paten KAIST, tentu saja kondisi itu akan membantu Apple karena paten sudah tidak ada lagi.


Editor : Tuty Ocktaviany