5 Emulator PlayStation Terbaik di Android, Salah Satunya ClassicBoys

Dini Listiyani ยท Kamis, 13 September 2018 - 09:51 WIB
5 Emulator PlayStation Terbaik di Android, Salah Satunya ClassicBoys

ClassicBoys. (Foto: Androidauthority)

JAKARTA, iNews.id - Emulator memungkinkan para gamers yang biasa bermain game pada konsol seperti PlayStation, mulai memainkannya di smartphone Android. Untuk memainkannya di smartphone Android, pengguna hanya tinggal mengunduh aplikasi emulator yang banyak tersedia di toko aplikasi Play Store. 

Penasaran, emulator mana yang paling bagus? Berikut daftarnya seperti dilansir dari laman Android Authority, Kamis (13/9/2018).

ClassicBoys

ClassicBoy merupakan sebuah emulator all-in-one. Aplikasi ini mendukung berbagai konsol, termasuk PlayStation, tiga sistem Game Boy, Nintendo 64, NES, SEGA, dan NeoGeo. Aplikasi ini bisa dioperasikan oleh stik konsol, kontrol layar sentuh, beberapa pengaturan audio, dan sistem penyimpanan data yang familiar di mata pengguna. Ini adalah pilihan yang baik bagi mereka yang mencari beberapa emulator. Namun, tidak memiliki banyak fitur seperti kebanyakan emulator PlayStation.

Emubox

EmuBox merupakan salah satu emulator PlayStation terbaru yang ada di playstore. Emulator Ini juga merupakan aplikasi emulator all-in-one yang didalamnya termasuk beberapa konsol, seperti SNES, Nintendo DS, NES, dan tentu saja PlayStation.

Epsxe

Emulator ini bisa dibilang salah satu dari dua emulator PlaStation terbaik di luar sana. Pasalnya, emulator ini cenderung sedikit lebih mudah digunakan. Selain sangat stabil, Epsxe juga mendukung mode split-screen, kustomisasi kontrol, dukungan joystick konsol hingga grafis yang disempurnakan oleh OpenGL.

Terdapat beberapa plugin yang perlu ditambahkan untuk mengisi beberapa fitur baru, namun tidak ada ruginya Anda mengunduh aplikasi ini untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal saat bermain game PlayStation di Android.

FPSE

FPSE adalah salah satu dari dua emulator PlayStation terbaik di Android, di mana aplikasi ini sangat mudah untuk dikustomisasi dan memiliki beberapa fitur unggulan seperti Save and Load States, Customizable Controls, High Compatibilitas, dan Hardware Controller.

Aplikasi ini juga memiliki berbagai pilihan plugin dan fitur tambahan yang yang membantu kamu untuk merasakan pengalaman yang luar biasa. Selain itu, kalian juga dapat memilih resolusi grafis yang sesuai dengan spesifikasi smartphone yang dimiliki. Seperti EPSXE, aplikasi ini tidak memiliki versi gratis untuk dicoba.

Retroarch

Retroarch adalah salah satu emulator PlayStation yang paling terkenal. Emulator ini juga menawarkan dukungan multi-platform. Nantinya, Anda harus mengunduh setiap sistem secara terpisah sebagai plugin. Hal ini tentu menambah tingkat kompleksitas tambahan bila dibandingkan dengan kebanyakan emulator PlayStation.

Namun jika sudah menguasai aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi mengunduh emulator lain untuk beberapa waktu. Kabar baiknya, emulator ini bisa didapat secara gratis di PlayStore.


Editor : Tuty Ocktaviany