Google Inbox Bakal Dimatikan Tahun Depan

Dini Listiyani ยท Kamis, 13 September 2018 - 20:54 WIB
Google Inbox Bakal Dimatikan Tahun Depan

Google Inbox. (Foto: Ubergizmo)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Google telah meluncurkan aplikasi e-mail eksperimental yang disebut Inbox. Tahun depan, Google memutuskan untuk mengakhiri aplikasi e-mail eksperimental tersebut.

Pada 2014, tim Google meluncurkan aplikasi e-mail eksperimental bernama Inbox. Inbox berfungsi dengan alamat Gmail penguna yang sudah ada, tapi memberikan pengalaman yang berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi utamanya.

Aplikasi Inbox dikembangkan dengan perangkat mobile. Namun, eksperimen itu tampaknya berakhir karena Google dikabarkan akan menutup Inbox pada Maret tahun depan, seperti dikutip Ubergizmo, Kamis (13/9/2018).

Inbox telah menjadi tempat pengujian untuk fitur baru seperti Smart Reply yang kemudian ditambahkan ke aplikasi utama, Gmail. Banyak fitur dan peningkatan Inbox yang secara bertahap masuk ke Gmail, sehingga tidak ada alasan kuat untuk tetap mempertahankannya.

Google telah menunjukkan dalam beberapa bulan terakhir bahwa pihaknya akan membawa fitur baru lebih cepat ke Gmail. Berdasarkan itu, kemungkinan raksasa internet ini akan memfokuskan dirinya untuk meningkatkan aplikasi Gmail lebih banyak dan cepat dibanding sebelumnya.

"Saat kami melihat ke masa depan, kami ingin mengalami pendekatan lebih terfokus yang akan membantu kami menghadirkan pengalaman e-mail terbaik kepada semua orang. Akibatnya, kami berencana untuk fokus sepenuhnya pada Gmail dan mengucapkan selamat tinggal pada Inbox by Gmail di akhir Maret 2019," kata Google Product Manager Matthew Izatt dalam blog yang dilaporkan ZDnet, Kamis (13/9/2018).

Pengguna selalu bisa mengaktifkan pengaturan Gmail yang memungkinkan mereka merasakan fitur yang ada dalam tahap percobaan, serta tidak diaktifkan secara default.


Editor : Tuty Ocktaviany