Adu Spesifikasi Ponsel Unggulan iPhone XS vs Galaxy S9

Dini Listiyani ยท Jumat, 14 September 2018 - 10:05 WIB
Adu Spesifikasi Ponsel Unggulan iPhone XS vs Galaxy S9

iPhone XS. (Foto: Techno Buffalo)

JAKARTA, iNews.id - Apple kembali meramaikan pasar smartphone dunia dengan menghadirkan iPhone XS. iPhone XS ini tentu saja langsung berhadapan dengan ponsel unggulan yang telah ada di pasaran, seperti Galaxy S9.

Samsung dan Apple dikenal pencinta gadget sebagai perusahaan besar dunia yang kerap membuat gebrakan di dunia smartphone. Maka dari itu, produk kembangan mereka tidak bisa dianggap remah di pasaran.

Tahun ini, kedua raksasa teknologi itu memiliki smartphone unggulan mereka sendiri. Samsung dengan seri Galaxy S9 dan Apple dengan iPhone XS. Lantas, seperti apa jika kedua smartphone ini di-compare dari segi spesifikasi?

Yuk, intip perang spesifikasi antara iPhone XS dan Galaxy S9 yang dirangkum iNews.id dari Techno Buffalo, Jumat (13/9/2018).

Layar

Samsung membekali Galaxy S9 dengan layar Curved Super AMOLED 5,8 inci beresolusi 1.440x2.960 piksel. iPhone XS juga memiliki dimensi layar sama seperti Galaxy S9, tapi jenis display yang digunakan bukan Super AMOLED tapi Super Retina HD Display.

Chipset

Seperti seri Galaxy S sebelumnya, S9 juga memiliki dua varian chipset yakni Exynos 9810 dan Qualcomm Snapdragon 845. Sementara iPhone XS menggunakan chipset terbaru Apple A12 Bionic. Untuk RAM, Apple belum menyebutkan berapa jumlahnya, tapi Galaxy S9 memiliki jumlah RAM 4GB.

Untuk ruang penyimpanan, kedua smartphone ini memiliki opsi storage yang besar. Hanya saja, iPhone XS tidak memiliki ruang penyimpanan ekstra di dalamnya.

Kamera

Urusan kamera kedua sedikit berbeda. iPhone XS mengusung kamera ganda 12 MP di bagian belakang dan Galaxy S9 hanya single camera 12 MP. Untuk selfie, Galaxy S9 disokong sensor 8 MP, sedangkan iPhone XS hanya 7 MP.

Baterai

Sayangnya, Apple belum mengungkapkan kapasitas baterai yang dibawa iPhone XS. Untuk Galaxy S9, Samsung membekalinya dengan kapasitas yang lumayan besar, yakni 3.000 mAh.

Konektivitas

Bicara soal konektivitas, baik iPhone XS dan Galaxy S9 sama-sama dibekali dengan Bluetooth 5.0. Keduanya juga memiliki dukungan NFC di dalamnya yang berguna untuk alat pembayaran.

OS

iPhone XS saat diluncurkan langsung ditopang dengan OS terbaru Apple iOS 12. Begitu dengan Galaxy S9 saat diluncurkan juga menggunakan OS baru, yakni Android 8.0 Oreo mengingat Android Pie baru rilis publik sekitar bulan lalu.

Sekadar informasi, Apple baru saja memperkenalkan iPhone XS ke publik. iPhone XS tidak dikeluar sendiri, ada dua saudaranya, iPhone XS Max dan iPhone XR yang ikut diperkenalkan. Galaxy S9 sendiri telah dirilis Samsung pada awal tahun ini, bahkan raksasa asal Korea Selatan (Korsel) ini sedang mempersiapkan generasi penerusnya, Galaxy S10.


Editor : Tuty Ocktaviany