Ikuti Watch Series 3, iPhone Baru Dukung Teknologi eSIM

Dini Listiyani ยท Jumat, 14 September 2018 - 15:01 WIB
Ikuti Watch Series 3, iPhone Baru Dukung Teknologi eSIM

Ikuti Watch Series 3, iPhone Baru Dukung Teknologi eSIM (Foto: The Verge)

CUPERTINO, iNews.id - iPhone XS dan XS Max akan disokong kemampuan dual SIM. Dukungan dual SIM itu bisa dilakukan melalui teknologi eSIM dan SIM tray ganda.

Untuk pasar China, dual SIM akan menggunakan SIM tray. Sedangkan teknologi eSIM akan digunakan di luar China, tapi hanya beberapa negara saja yang baru mendukungnya.

Setidaknya ada sembilan negara yang menawarkan dukungan eSIM saat ini yang terdiri atas Austria, Kanada, Kroasia, Republik Ceko, Jerman, Hungaria, India, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat (AS). Operator Sprint dan yang lebih kecil di AS tidak menawarkan eSIM yang artinya pelanggan harus beralih terlebih dulu ke T-Mobile, Verizon, atau AT&T.

Di China, karena iPhone sudah menggunakan dual SIM tray, mereka tidak akan lagi kompatible dengan eSIM, yang hanya sedikit digunakan. Kedua operator besar, China Telecom dan China Mobile telah memperkenalkan dukungan eSIM di beberapa kota, tidak termasuk Beijing, seperti dilaporkan The Verge, Jumat (14/9/2018).

Sebagai gantinya, iPhone baru akan memiliki dual kartu SIM fisik seperti yang dilakukan banyak ponsel Android di China. Fitur ini akan segera tersedia di China. Untuk dukungan di luar China, pengguna perlu menunggu Apple mengirimkan pembaruan software eSIM musim gugur nanti.

Electronic SIM menghilangkan kebutuhan untuk menyodok pin melalui baki SIM Anda. Penggunaan eSIM ini justru hanya memerlukan jaringan atau operator yang kompatibel untuk menawarkan dukungan.

Apple pertama kali membawa eSIM ke Apple Watch Series 3 yang menyebabkan spekulasi embed SIM card akan muncul di iPhone. Sementara itu, dukungan SIM ganda diantisipasi sebagai sesuatu yang menarik untuk pelanggan di pasar seperti India, Filipina, dan China.

Dukungan kartu SIM ganda membuat perjalan secara internasional lebih nyaman karena Anda bisa menyimpan dua nomor sekaligus. Pasar berkembang telah menggunakan SIM ganda untuk mengindari biaya roaming, mudah bertukar operator, dan menikmati diskon lainnya karena menggunakan dua jalur sekaligus.


Editor : Dini Listiyani