SpaceX Berencana Terbangkan Manusia ke Bulan Menggunakan BFR

Dini Listiyani ยท Sabtu, 15 September 2018 - 07:01 WIB
SpaceX Berencana Terbangkan Manusia ke Bulan Menggunakan BFR

SpaceX Berencana Terbangkan Manusia ke Bulan Menggunakan BFR (Foto: SpaceX)

SAN FRANCISCO, iNews.id - SpaceX berencana untuk mengirim manusia di sekitar Bulan. Perusahaan eksplorasi luar angkasa itu akan mengirim manusia menggunakan Big Falcon Rocket (BFR).

SpaceX baru saja mengumumkan telah menandatangani first private passenger untuk perjalanan di sekitar Bulan. Perusahaan eksplorasi ini telah memberikan beberapa rincian lebih lanjut selain pelanggan akan diterbangkan dengan BFR.

"Cari tahu siapa yang terbang dan mengapa pada Senin, 17 September," kata SpaceX lewat tweet. Perusahaan yang dikepalai Elon Musk juga akan menyiapkan live streaming untuk event tersebut seperti dilaporkan The Telegraph, Jumat (14/9/2018).

Musk memberikan petunjuk identitas pelanggannya dengan menampilkan bendera Jepang dalam tweet yang dikirimkan sebagai tanggapan spekulasi pendiri perusahaan akan menjadi penumpang pertama. Namun, dia tidak memberikan namanya.

Pengumuman baru ini mengingatkan rencana yang diumumkan tahun lalu untuk mengirim dua penumpang mengelilingi Bulan menggunakan roket Falcon Heavy. Namun, rencana tersebut ditangguhkan setelah Musk mengakui perusahaan berpendapat akan lebih baik menggunakan BFR.

BFR diklaim akan menggantikan jajaran roket SpaceX yang sudah ada, termasuk yang digunakan untuk misi seperti mengirim pasokan ke International Space Station (ISS). Musk juga mengusulkan menggunakan kendaraan untuk perjalanan point-to-point di sekitar Bumi, perjalanan dari New York ke London dalam kurun waktu 29 menit misalnya.


Editor : Dini Listiyani