Smartphone Kena Virus, Ikuti Panduan Ini untuk Mengatasinya

Dini Listiyani ยท Minggu, 16 September 2018 - 11:01 WIB
Smartphone Kena Virus, Ikuti Panduan Ini untuk Mengatasinya

Smartphone Kena Virus, Ikuti Panduan Ini untuk Mengatasinya (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Desktop bukan satu-satunya perangkat yang bisa terinfeksi virus atau malware. Perangkat lain yang juga bisa terjangkit virus ialah smartphone Android.

Jika smartphone Android terkena virus, biasanya langkah yang terlintas dalam pikiran ialah factory reset. Factory reset tidak hanya bisa menghilangkan virus di smartphone Anda tapi juga seluruh file yang tersimpan di dalamnya.

Sebenarnya, Anda bisa mengusir virus tanpa harus melakukan factory reset. Yuk, intip seperti apa caranya seperti dirangkum iNews.id dari Makeuseof, Minggu (16/8/2018).

1. Hapus Virus Menggunakan Aplikasi
Di Play Store Anda akan menemukan banyak pilihan aplikasi penghilang virus. Beberapa aplikasi yang bisa Anda coba ialah Malwarebytes dan Bitdefender Antivirus Free.

2. Membersihkan Virus Secara Manual
Jika aplikasi antivirus tidak bisa bekerja dengan baik, Anda bisa mencoba untuk membersihkannya secara manual. Seperti Windows, Android juga memiliki safe mode. Jika sistem Anda terkena virus, Anda harus menggunakannya.

Safe mode memuat OS tanpa menjalankan aplikasi pihak ketiga dan menonaktifkannya. Artinya, Anda bisa mengetahui aplikasi apa yang menyebabkan masalah dan menghapusnya dengan aman.

Setiap produsen hardware memiliki cara masing-masing untuk masuk safe mode. Anda bisa mencoba cari di Google cara perangkat Anda untuk safe mode. Nanti, setelah Anda memasiki Safe Mode, buka Setting> Apps> Downloaded.

Di Android Oreo atau yang lebih baru, pergi ke Setting> Apps & Notification> See all X apps. Di sini, buka daftar aplikasi dan coba untuk temukan aplikasi jahat tersebut. Untuk mengetahuinya, Anda bisa pikirkan sejak kapan masalah di ponsel Anda muncul dan hapus aplikasi yang muncul di sekitar waktu tersebut.

3. Membersihkannya
Setelah uninstall aplikasi berbahay, Anda mungkin ingin membersihkan perangkat Android saat Anda menggunakannya. Mengosongkan cache dan history, membersihkan proses startup, dan langkah-langkah dasar lainnya bisa membantu perangkat Anda berjalan baik.


Editor : Dini Listiyani