Protes Rencana ke China, Karyawan Google Mengundurkan Diri

Dini Listiyani ยท Sabtu, 15 September 2018 - 13:17 WIB
Protes Rencana ke China, Karyawan Google Mengundurkan Diri

Protes Rencana ke China, Karyawan Google Mengundurkan Diri (Foto: Pixabay)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Selama beberapa bulan terakhir, Google dikabarkan berniat kembali ke China. Akibatnya, ada perselisihan internal di perusahaan selama pengembangan.

Sebanyak tujuh orang dikabarkan meninggalkan Google setelah The Intercept mengungkap 'Project Dragonfly' pada Agustus lalu. Ide proyek tersebut, menurut dokumen yang diperoleh The Intercept, membawa kembali mesin pencarian Google ke China dengan cara yang sesuai dengan peraturan pemerintah Xi Jinping.

Dragonfly rupanya mengambil bentuk aplikasi Android yang akan memberikan pengguna China akses ke Google lagi setelah perusahaan menutup beroperasi di Negeri Tirai Bambu pada 2010. Namun, pemerintah China akan secara otomatis menyaring hasil pencarian jika dianggap tidak pantas.

Karyawan Google dikatakan tersinggung dengan konsep tersebut yang mengakibatkan beberapa karyawan mundur. Senior research scientist Jack Poulson dikatakan sebagai salah satu karyawan yang mengundurkan diri dari Project Dragonfly, seperti dilaporkan IBTimes, Sabtu (15/9/2018).

Dia mengatakan kepada The Intercept, tindakannya merupakan tanggung jawab etis-nya. Alasannya, Google telah merampas komitmen hak asasi manusia-nya.

CEO Google Sundar Pichai menanggapi rumot tentang Dragonfly pada pertemuan karyawan Agustus lalu. Pada saat itu, dia menekankan, Google tidak akan mengembalikan mesin pencarinya di China dalam waktu dekat.

Namun, dia mengatakan ada manfaat yang didapatkan oleh Google di masa mendatang jika berada di Negeri Tirai Bambu lagi.

"Saya benar-benar yakin kami memiliki dampak positif ketika terlibat di seluruh dunia dan saya tidak melihat alasan mengapa itu akan berbeda di China," katanya.

Lebih dari 1.700 karyawan Google telah mendantangani surat transparansi lebih dari manajemen atas proyek seperti Dragonfly. Para eksekutif Google secara langsung menangani tuntutan dalam dokumen tapi dalam pernyataan pengunduran dirinya, Poulson dilaporkan meminta agar mereka melakukannya.

Google juga mendapatkan tekanan dari pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk berbicara lebih terbukan tentang rencan di China.


Editor : Dini Listiyani

TAG : google