90 Persen Jaringan Indosat Ooredoo di Palu dan Donggala Pulih

Dini Listiyani ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 11:36 WIB
90 Persen Jaringan Indosat Ooredoo di Palu dan Donggala Pulih

Indosat Ooredoo berikan pelayanan di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. (Foto: iNews.id/Indosat Ooredoo)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Layanan Indosat Ooredoo di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat dan pelanggan. Sebab, lebih dari 90 persen BTS di wilayah ini tersebut.

Gempa bumi dan tsunami yang mengguncang Donggala dan Palu berdampak pada matinya sejumlah jaringan telekomunikasi. Salah satu operator seluler yang terpengaruh ialah Indosat Ooredoo.

Kini, jaringan seluler Indosat Ooredoo telah berangsung pulih. Lebih dari 90 persen dari total BTS di kedua wilayah tersebut telah beroperasi normal dan melayani masyarakat dengan baik.

Jaringan Indosat Ooredoo sebelumnya juga telah pulih lebih awal di area-area publik vital, seperti pelabuhan, bandara, rumah sakit, serta kantor pemerintah sejak 1 Oktober 2018.

Selain wilayah Palu dan Donggala, jaringan Indosat Ooredoo juga masih tetap melayani masyarakat dengan baik di beberapa kabupaten sekitar lokasi utama gempa bumi, seperti Mamuju Utara dan Sigi.

Hal ini bisa terjadi tidak lepas dari kerja keras tim teknis jaringan yang terus berupaya mengatasi kendala di lapangan sejak beberapa saat setelah bencana terjadi.

Pemulihan jaringan BTS sendiri membutuhkan waktu karena banyak kendala yang ditemui di lapangan. Misalnya, tak ada pasokan listrik, medan yang sulit untuk mencapai lokasi setiap BTS, dan pendistribusian BBM untuk generator set BTS.

“Kami bersama tim di lapangan masih terus bekerja keras memulihkan jaringan sepenuhnya. Kami menyadari komunikasi menjadi salah satu kebutuhan penting untuk berkoordinasi dan berkirim kabar di tengah kondisi darurat, serta masa pemulihan bencana,” kata Head Network Operations Indosat Ooredoo Umar Hadi dalam keterangannya kepada iNews.id, Selasa (9/10/2018).

Lebih lanjut, Umar berharap jaringan di Palu dan Donggala bisa pulih 100 persen dalam waktu dekat ini.

Selain upaya pemulihan jaringannya di lokasi gempa, Indosat Ooredoo melaksanakan beberapa kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian para korban bencana, yaitu pengoperasian mobil klinik dan telepon gratis di lokasi bencana.


Editor : Tuty Ocktaviany