Bangun Startup, Bekraf Kembangkan Ekosistem Digital di Balikpapan

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 10 Oktober 2018 - 09:11 WIB
Bangun Startup, Bekraf Kembangkan Ekosistem Digital di Balikpapan

Pelaku startup digital terus bermunculan di Balikpapan, menghadirkan dampak positif bagi masyarakat lokal. (Foto: Bekraf for iNews.id)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Dukungan teknologi sangat dibutuhkan untuk mendorong pelaku ekonomi digital, kreatif digital dan pre-startup membentuk ekosistem digital. Salah satunya di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pelaku startup digital terus bermunculan di Balikpapan, menghadirkan dampak positif bagi masyarakat lokal. Potensi tersebut harus terus didukung secara konsisten agar para pelaku dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi khususnya di subsektor aplikasi, game, dan web serta internet of things (IoT).

“Melalui kegiatan Bekraf Developer Day (BDD) 2018, diharapkan bemunculan talenta-talenta baru dan produsen-produsen baru di sektor game, dan aplikasi yang berkualitas untuk berperan dalam menggerakkan perekonomian nasional melalui ekonomi kreatif digital di Kota Balikpapan,” ujar Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Santosa Sungkari dalam siaran persnya, yang dilansir iNews.id. Rabu (10/10/2018).

Pada 2011 ekonomi kreatif (Bekraf) di Balikpapan mulai berkembang dan memiliki nilai jual. Bekraf Developer Day adalah salah satu upaya Bekraf meningkatkan kontribusi ekonomi kreatif di Tanah Air. Mereka diyakini terus tumbuh dan memberikan sumbangan pada produk domestik bruto (PDB) ditarget mencapai lebih dari Rp1.000 triliun pada tahun ini.
 
Berdasarkan survei, 28 persen populasi penduduk Indonesia atau sekitar 64 juta orang merupakan generasi muda dengan rentang usia 15-29 tahun. Event ini juga diharapkan dapat mendorong kontribusi anak-anak muda untuk berkreasi menghasilkan aplikasi dan game yang membantu aspek kehidupan masyarakat Balikpapan dan sekitarnya.

Dengan mengusung tema ‘Membangun Kemandirian Bangsa Melalui Digital’, peserta BDD Balikpapan yang didominasi anak muda diharapkan dapat mengikuti jejak startup-startup Indonesia yang berprestasi seperti Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan lain-lain.

Dikatehui, Balikpapan merupakan kota kelima penyelenggaraan BDD 2018 dengan menghadirkan sejumlah pelaku, praktisi dan expert industri kreatif digital Tanah Air, di antaranya Senior Software Engineer - Go-Jek Indonesia (Go-Pay Division), Deny Prasetyo; Country Manager ACA Pacific - Alcatel Lucent Enterprise, Wiranto; Cloud and Enterprise Business Group Lead - Microsoft, Yos Vincenzo.

Seperti BDD Batam, Jayapura, Surabaya, dan Makassar, BDD Balikpapan 2018 juga menggandeng Dicoding Indonesia untuk menyelenggarakan event ini yang didukung Asosiasi Game Indonesia, Dicoding Elite, Google Developer Expert, Intel Innovator, Komunitas ID-Android, Samsung Developer Warrior, dan perusahaan-perusahaan teknologi lainnya di Indonesia.


Editor : Dani Dahwilani