Cara Stop iPhone Terima Konten Seksual Eksplisit via AirDrop

Dini Listiyani ยท Senin, 08 Oktober 2018 - 17:01 WIB
Cara Stop iPhone Terima Konten Seksual Eksplisit via AirDrop

Cara Stop iPhone Terima Konten Seksual Eksplisit via AirDrop (Foto: Phone Arena)

CUPERTINO, iNews.id - Fitur AirDrop ternyata bisa digunakan seseorang untuk mengirimkan gambar seksual kepada orang asing. Namun, pengguna bisa menghindari ini.

Fitur AirDrop Apple memungkinkan pengguna mengirim foto, video, dokumen, dan file lain ke unit iPhone lain yang berada di dekatnya. Supaya AirDrop berfungsi, Wifi dan Bluetooth harus dihidupkan.

Tapi, beberapa pengguna justru memanfaatkan teknologi AirDrop untuk mengirimkan gambar seksual eksplisit kepada orang asing. Tindakan ini juga disebut sebagai cyber-flashing.

Cyber-flashing bisa terjadi di mana saja dan setiap pengguna iPhone dengan Wifi dan Bluetooth yang dihidupkan. Pengalaman tidak menyenangkan ini dialami oleh reporter Wall Street Journal Joanna Stern.

Saat Stern ingin naik kereta bawah tanah, dia menerima foto yang menunjukkan "junk" seorang pria. Perlu diingat, saat gambar AirDrop dikirim ke iPhone, penerima memang memiliki opsi untuk menerima atau menolak konten.

Namun, notifikasi AirDrop menyertakan gambar yang cukup besar yang mengganggu penerima gambar yang tidak pantas. Ada cara untuk mencegah iPhone Anda menerima gambar yang dikirim melalaui AirDrop tanpa harus mematikan Wifi atau Bluetooth.

Mengutip Phone Arena, Senin (8/10/2018) buka pengaturan dan tap General. Klik pada AirDrop. Anda akan memiliki opsi untuk membuat ponsel ditemukan ke Everyone atau Contact only.

Tapi, supaya diri Anda benar-benar terlindung dari konten jenis eksplisit, klik 'Receiving Off' memastikan Anda bisa berpindah-pindah dekat pengguna iPhone lain dan mereka tidak akan menggunakan AirDrop untuk mengirimkan konten aneh.


Editor : Dini Listiyani