Gandeng 8 Universitas Terkemuka, Huawei Gelar Kompetisi TIK

Dini Listiyani ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 15:07 WIB
Gandeng 8 Universitas Terkemuka, Huawei Gelar Kompetisi TIK

Huawei gelar kompetisi TIK. (Foto: iNews.id/Dini Listiyani)

JAKARTA, iNews.id - Huawei menggelar kompetisi di Indonesia untuk mendorong lahirnya sumber daya manusia yang kompeten di bidang TIK. Kompetisi tersebut merupakan bagian dari kemitraan Huawei ICT Academy (HAINA).

Terdapat delapan kampus yang bergabung dalam jaringan kemitraan Huawei dan berbagai perguruan tinggi di seluruh dunia yang disebut Huawei ICT Academy (HAINA). Kampus tersebut terdiri atas Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Telkom (Tel-U), dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

“Program SmartGen merupakan wujud komitmen Huawei untuk senantiasa mendorong pembinaan sumber daya manusia yang kompeten di bidang TIK Indonesia. Lewat Huawei ICT Academy, kami ingin membantu perguruan tinggi di Indonesia dalam menentukan sistem kompetensi akademik, agar mahasiswa lulusannya bisa memenuhi standar kebutuhan industri,” kata Vice President Public Affair and Communication Huawei Indonesia Selina Wen di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Sebagai bagian dari SmartGen, kompetisi TIK Indonesia akan digelar pada November 2018. Sementara final nasional akan digelar pada Desember 2018.

Tim yang mewakili Indonesia akan bersaing dalam final wilayah Asia Pasifik pada Maret 2019 untuk memperebutkan tiket final kompetisi global TIK Huawei di China pada Mei 2019.

Melalui program SmartGen 2018, Huawei dan kampus-kampus unggulan tersebut akan menggelar serangkaian kegiatan yang mencakup program transfer pengetahuan dalam acara bertajuk ‘Technology Day (Tech Day)’, sertifikasi dalam kerangka Huawei Authorized Information Network Academy (HAINA), gelaran kompetisi ICT 2019, pengikutsertaan mahasiswa program Seeds for The Future 2018, dan rekrutmen, serta pemagang di Huawei.

Sekadar informasi, SmartGen diinisiasi Huawei pada 2017 sebagai upaya sarana mengembangkan dan membekali anak muda Indonesia dengan pengetahuan berbasis teknologi informasi. Tahun lalu, raksasa teknologi asal China ini bekerja sama dengan tujuh universitas terkemuka di Indonesia dalam melakukan berbagai kegiatan seperti Technology Day, Experience Day, dan berbagai bentuk pelatihan lainnya.

Tahun ini, SmartGen diperluas cakupannya dengan sasaran penerima manfaat sebanyak 1.000 siswa SMK, 300 siswa di satuan lingkungan pendidikan LP Ma’arif NU, serta 1.500 mahasiswa di delapan universitas terkemuka di Indonesia.


Editor : Tuty Ocktaviany