Gunakan Machine Learning, Instagram Bakal Deteksi Bullying di Foto

Dini Listiyani ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 10:05 WIB
Gunakan Machine Learning, Instagram Bakal Deteksi Bullying di Foto

Instagram perluas fitur menggunakan machine learning. (Foto: Ibtimes)

MENLO PARK, iNews.id - Instagram telah memperkenalkan fitur untuk memfilter bahasa ofensif dalam bagian komentar tahun lalu. Kini, Instagram memperluas fitur ke foto dan caption menggunakan machine learning.

Instagram akan secara proaktif mendeteksi intimidasi di foto dan teks mereka menggunakan teknologi machine learning. Meskipun fitur ini akan bekerja dengan sendirinya melalui AI, foto dan teks yang diklasifikasikan sebagai konten bullying akan dikirim ke tim operasi komunitas Instagram untuk ditinjau oleh moderator manusia.

"Perubahan ini akan membantu kami mengidentifikasi dan menghapus secara signifikan lebih banyak bullying, dan itu merupakan langkah penting berikutnya karena banyak orang yang mengalami atau mengamati bullying tidak melaporkan," kata Head of Instagram yang baru Adam Mosseri, seperti dikutip IBTimes, Kamis (11/10/2018).

Perubahan juga akan membantu Instagram melindungi anggota komunitas termudanya sejak remaja telah mengalami tingkat bullying online lebih tinggi dibanding yang lain. Teknologi baru, kata Adam, mulai diluncurkan dan terus berlanjut dalam beberapa minggu ke depan.

Selain secara proaktif mendeteksi bullying di foto dan caption mereka, Instagram memperluas filter komentarnya untuk live video. Sebelumnya, menyembunyikan komentar yang menyinggung hanya tersedia di postingan yang dibagikan di Feed, Explore page, dan profile pengguna.

Mosseri mengatakan, filter komentar untuk live video sekarang tersedia secara global. Untuk mengaktifkan fitur, pengguna harus pergi ke pengaturan Instagram, membuka Comment Controls, dan aktifkan 'Hide Offensive Comment.'

Pengguna juga memiliki opsi untuk memasukkan kata secara manual untuk menyembunyikan dan menyaring 'kata yang paling banyak dilaporkan.' Terlepas dari fitur baru ini, layanan berbagai foto milik Facebook ini menambahkan kamera baru.

Perusahaan telah bekerja sama bersama dengan penari, penulis, dan aktor Maddie Ziegler untuk meluncurkan efek kamera kindness baru. Pengguna yang sudah mengikuti Meddie di Instagram seharusnya memiliki akses ke filter tersebut.

Efek kamera Instagram akan mendorong pengguna untuk menandai teman menyebarkan kebaikan. Efek versi selfie tersebut menempatkan hati ke wajah pengguna. Saat menggunakan kamera menghadap ke depan dan belakang, efeknya akan memperlihatkan komentar yang baik di latar belakang dalam bahasa yang berbeda.


Editor : Tuty Ocktaviany