Kalahkan Apple, Lenovo Puncaki Pasar PC di Dunia

Dini Listiyani ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 16:01 WIB
Kalahkan Apple, Lenovo Puncaki Pasar PC di Dunia

Kalahkan Apple, Lenovo Puncaki Pasar PC di Dunia (Foto: Cnet)

NEW YORK, iNews.id - Pasar PC global rupanya tetap stabil. Produsen PC mengirimkan 67.2 juta unit pada kuartal ketiga 2018, naik 0.1 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Menurut angka awal yang dirilis Gartner, pada kuartal ketiga 2018, produsen PC berhasil mengirimkan 67.2 juta unit, naik 0.1 persen dari periode yang sama tahun lalu. Angka keseluruhan yang datar muncul setelah kuartal kedua di mana pengiriman membukukan peningkatan sederhana sebesar 1.4 persen.

Ketika permintaan dari konsumen tetap lemah, penjualan bisnis yang kuat bisa menopang pasar secara keseluruhan. "Pasar PC didorong oleh permintaan PC perusahaan yang stabil," kata analis utama Gartner Mikako Kitagawa.

Lenovo berhasil mempertahankan kedudukan pertama dengan market share 23.6 persen, naik dari 21.4 persen pada kuartala yang sama tahun sebelumnya. Kemudian, HP ada diposisi kedua dengan market share 21.8 persen dan diikuti Dell dengan pangsa pasar sebesar 16 persen.

Mengutip Cnet, Kamis (11/10/2018), saat tiga teratas berhasil memperluas pangsa pasar mereka, Apple dan Acer justru mengalami penurunan dalam pangsa pasar mereka di industri PC.

Apple meraih posisi keempat dengan market share 7.3 persen. Sedangkan Acer berada diperingkat kelima dengan market share 6.1 persen.

 


Editor : Dini Listiyani